Pembentukan Karakter Islami Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Duha Dan Tadarus Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Nurul Islam
DOI:
https://doi.org/10.62824/5wbbkd65Keywords:
Islamic character, habituation of worship, Duha prayer, tadarus Al-Qur'an, Islamic educationAbstract
Pendidikan Islam, dalam lingkup institusi pendidikan formal seperti madrasah, memiliki peran krusial yang melampaui transfer ilmu pengetahuan kognitif semata. Pendidikan ini secara inheren bertujuan membentuk insan kamil pribadi utuh yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kukuh secara moral dan spiritual. Fokus utama dari upaya ini adalah pembentukan karakter Islami siswa, yang berlandaskan pada nilai-nilai fundamental Al-Qur’an dan As-Sunnah. Realitas ini menegaskan bahwa keberhasilan pendidikan Islam tidak dapat diukur hanya dari capaian akademik, melainkan juga dari integrasi nilai-nilai keagamaan dalam perilaku sehari-hari peserta didik. Penelitian ini berangkat dari kebutuhan untuk menguji efektivitas strategi pendidikan karakter berbasis pembiasaan ibadah (internalisasi nilai melalui rutinitas praktik keagamaan) di lingkungan sekolah. Secara spesifik, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara mendalam bagaimana pelaksanaan pembiasaan Salat Duha dan Tadarus Al-Qur’an yang terstruktur dan konsisten di Madrasah Aliyah (MA) Nurul Islam berperan signifikan dalam membentuk dan menginternalisasi karakter Islami pada diri siswa. Penelitian ini dengan tegas menegaskan bahwa pembiasaan Salat Duha dan Tadarus Al-Qur’an bukan sekadar kegiatan pelengkap, melainkan merupakan strategi pedagogis yang efektif dan teruji dalam membentuk karakter Islami siswa di madrasah. Strategi ini berhasil menjembatani antara aspek ritual ('ibadah) dan aspek moral (akhlak), menjadikan madrasah sebagai pusat pendidikan yang menghasilkan generasi yang berintegritas spiritual dan moral. Implikasi dari penelitian ini adalah rekomendasi bagi institusi pendidikan Islam lainnya untuk mengadopsi model pembiasaan serupa dengan dukungan penuh dari seluruh ekosistem sekolah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Euis Latipah, Siti Aripah, Siti jenab Setiawati (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




