Pentingnya  Layanan Prima Dalam Perusahaan

Authors

  • Aurel Khairun Nisa Universitas Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/efdb8y11

Keywords:

Pelayanan Prima, Kepuasan Pelanggan, Reputasi Perusahaan

Abstract

Pelayanan prima berasal dari kata pelayanan dan prima. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, pelayanan dapat diartikan sebagai “usaha untuk memenuhi kebutuhan orang lain” atau “kemudahan yang diberikan dalam jual beli barang atau jasa”. Sedangkan, dari sumber yang sama, kata prima diartikan sebagai “sangat baik”. Pelayanan prima menurut Daryanto dan Setyobudi dalam Silvia, pelayanan prima didefinisikan sebagai “pelayanan terbaik yang diberikan perusahaan untuk mencapai harapan dan kebutuhan pelanggan, baik pelanggan dalam perusahaan maupun di luar perusahaan “. Definisi layanan prima adalah pendekatan pelayanan yang berusaha untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan, melebihi harapan mereka, dan menciptakan kepuasan yang mendalam,layanan prima bukan hanya tentang bagaimana memenuhi keinginan pelanggan tetapi tentang  memberikan sesuatu dengan berkesan dan pengalaman yang berkesan,layanan prima dalam dunia kerja sangat penting karena meningkatkan reputasi seseorang,menjalin komunikasi baik dengan teman kerja,atasan, membangun hubungan positif antara perusahaan dengan pelanggan meningkatkan loyalitas pelanggan.

References

Ana, N., Isti, D., & Tanty, S. (2018). Pengaruh pelayanan prima dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ilmu Administrasi, 2(3), 150-160.

Ariyani, E. D. (2010). Penerapan pelayanan prima sebagai upaya meningkatkan kepuasan pelanggan di Politeknik Manufaktur Negeri Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi, 7(1), 50-65.

Barata, A. A. (2003). Dasar-dasar pelayanan prima. Bandung: Alfabeta.

Freddy, H. (2017). Dasar-dasar pelayanan prima. Jakarta: PT Gramedia.

Munawar, H., & Bachriani, H. R. S. (2018). Pengaruh pelayanan prima dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di restoran Mayasi Kota Banjar. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(2), 90-98.

Sulistiowati, T. (2022). Manfaat pelayanan prima dalam perusahaan. In Dasar-Dasar Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (pp. 112-125). Jakarta: Penerbit Universitas Pamulang

Downloads

Published

2025-06-24