Pentingnya Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Di Dalam Pelayanan Customer Service

Authors

  • Naiza Aulia Zahra Universitas Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/7ee7xy31

Keywords:

Komunikasi Verbal, Komunikasi Non Verbal, Customer Service, Pelayanan Pelanggan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Pelayanan customer service yang efektif tidak hanya bergantung pada kemampuan teknis, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh keterampilan komunikasi, baik verbal maupun non verbal. Komunikasi verbal mencakup penggunaan bahasa yang sopan, jelas dan dan informatif dalam menyampaikan pesan kepada pelanggan, sedangkan komunikasi non verbal mencakup ekspresi wajah, bahasa tubuh, kontak mata, dan intonasi suara yang mendukung makna pesan yang disampaikan. Jurnal ini bertujuan untuk menganalisis peran penting komunikasi verbal dan non verbal dalam meningkatkan kualitas pelayanan customer service serta membangun hubungan yang positif antara perusahaan dan pelanggan. Melalui pendekatan deskriptif-kualitatif. Jurnal ini menunjukkan bahwa sinergi antara komunikasi verbal dan non verbal mampu meningkatkan kepuasan pelanggan. Memperkuat citra perusahaan dan mengurangi potensi kesalahpahaman. Hasil kajian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pelaku bisnis dalam mengembangkan strategi pelayanan pelanggan yang berorientasi pada komunikasi yang efektif dan empatik.

References

Ahmed, A. A. A., Hassan, I., Pallathadka, H., Keezhatta, M. S., Noorman Haryadi, R., Al Mashhadani, Z. I., Yahya Attwan, L., & Rohi, A. (2022). MALL and EFL learners’ speaking: Impacts of Duolingo and WhatsApp applications on speaking accuracy and fluency. Education Research International, 2022.

Haryadi, R. N. (2023). Social Interaction of PUBG Mobile Gamers in the “Eden Esports” Community from A Dramaturgic Perspective. COMMUSTY Journal of Communication Studies and Society, 2(2), 43–48. https://doi.org/10.38043/commusty.v2i2.4980

Haryadi, R. N., & Aminuddin, M. (2023). The Role of English in Preparing Students to Face Global Challenges. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9615–9621. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3167

Mutiara, A., Prameswari, L. C., Poetri, R. D., & Almuakhir, A. S. (2023). Komunikasi Nonverbal Disabilitas Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Di Dignityku Jakarta Selatan. Komunika: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 1(2), 16–27.

Noorman Haryadi, R., & Sunarsi, D. (2024). Spectrum: Multidisciplinary Journal Application of Mnemonic Method to Improve English Language Learning Outcomes. Spectrum: Multidisciplinary Journal, 1(1), 40–48.

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Downloads

Published

2025-06-22