Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Dan Marketplace Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Di Gunung Sindur
DOI:
https://doi.org/10.62824/kvhqc422Keywords:
Pemasaran Digital, Media Sosial, Marketplace, UMKM, Gunung SindurAbstract
Seminar pelatihan dengan tema “Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Dan Marketplace Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Di Gunung Sindur” diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan, jangkauan pasar, dan daya saing pelaku UMKM di Gunung Sindur melalui penerapan strategi pemasaran digital menggunakan media sosial dan marketplace. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan sektor ekonomi yang sangat penting di Indonesia, dengan kontribusi yang besar terhadap produk domestik bruto (PDB) dan lapangan pekerjaan. Meskipun demikian, banyak pelaku UMKM yang masih kesulitan memanfaatkan teknologi untuk memperluas pasar mereka. Kegiatan ini mencakup pemaparan materi pemasaran digital, diskusi interaktif, serta pendampingan lapangan untuk memastikan penerapan strategi yang efektif. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa pelaku UMKM berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam pemasaran digital yang berdampak pada peningkatan penjualan. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada 10-11 Mei 2025 dengan peserta yang terdiri dari anggota Forum UMKM IKM Gunung Sindur.
References
Mankiw, N. G. (2020). Makroekonomi. Jakarta: Salemba Empat.
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. (2024). Data perkembangan UMKM tahun 2024. https://www.kemenkopukm.go.id/
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Oktaviani, R., Susanto, D., & Lestari, M. (2023). Transformasi digital dan dampaknya terhadap pertumbuhan UMKM di Indonesia. Jurnal Inovasi Bisnis dan Teknologi, 4(2), 88–101.
Sari, R., Fitriyadi, E. P., Apriyanto, B., Trianto, J., Fikri, A., & Zulfikar. (n.d.). Peningkatan kesejahteraan usaha kecil menengah (UKM) melalui e- commerce dan promosi jejaring sosial media (Studi kasus: Kelurahan Gunung Sindur Kabupaten Bogor). JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(1). Program Studi Teknik Informatika, Universitas Pamulang. https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMAIKA/article/view/4491/0
Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38782/uu-no-20-tahun-2008
Sugiyanto. (2020) Manajemen Pemasaran : Inspiring The Salesmanship. Yayasan Pendidikan Dan Sosial Indonesia Maju (Ypsim), Banten. Isbn 9786237815853
Sugiyanto, S., Kartolo, R., & Yusuf, M. (2021) Implikasinya Umkm Pada Ekonomi Kreatif Dan Inovasi Di Kabupaten Garut Jawa Barat. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 67-74.
Ulfah, M., Hidayat, R., & Fauziah, F. (2021). Strategi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan UMKM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 2(1), 45–56.
Zulfa, N., Prasetyo, A., & Ramadhani, L. (2024). Peran marketplace dalam ekspansi pasar UMKM di era digital. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Digital, 3(1), 22–35.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Harjunadi Geindra Wijaya, Garda Muhammad, Masngud Zuhri, Siti Badriah, Widyanti Widyanti, Nurmin Arianto (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



