Pengaruh Sasaran Mutu Customer Service Terhadap Kinerja Customer Service Di BPRS PNM Mentari Garut

Authors

  • Nurfaedah Nurfaedah STAI Persis Garut, Jawa Barat, Indonesia Author
  • Dayat Hidayat STAI Persis Garut, Jawa Barat, Indonesia Author
  • Ramdani Silegar STAI Persis Garut, Jawa Barat, Indonesia Author
  • Shella Indah Lestari STAI Persis Garut, Jawa Barat, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/pse8mm73

Keywords:

Sasaran Mutu Customer Service, Kinerja Customer Service

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh Pengaruh Sasaran Mutu Customer Service terhadap Kinerja Customer Service di BPRS PNM Mentari Garut. Metodologi penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah pendekatan metode survey kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 83 orang responden dengan menggunakan teknik Stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dan Observasi. Sedangkan untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik,, uji Regresi sederhana (uji t), uji koefisien determinasi. Objek dari penelitian ini adalah Nasabah BPRS PNM Mentari. Metode yang digunakan dengan pengolahan data menggunakan SPSS versi 23. Variabel Independen dalam penelitian ini yaitu pengaruh sasaran mutu Customer Service (X) terhadap Kinerja Customer Service (Y). Hasil penelitian, menunjukkan bahwa variabel independen (pengaruh sasaran mutu Customer Service) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Customer Service. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian lanjutan dengan meneliti faktor-faktor lain yang diperkirakan dapat mempengaruhi kinerja Customer Service di Bank, sehingga bisa memberikan nilai yang lebih tinggi serta dapat menghasilkan gambaran yang lebih luas terhadap permasalahan yang diteliti.

References

Achmad Sobirin, MBA, Ph.D. Konsep Dasar Kinerja dan Manajemen Kinerja, (Jakarta : Ghalia Indonesia, 2003)

Al Arif , M.Nur Rianto. Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah,(Bandung:Alfabeta, 2012)

Amstrong and Baron. 1998, Perfect Management, Institut of Personal and Devel- opment, London

Bawono, Anton. 2006. Multivariate Analysis Dengan SPSS. Salatiga:STAIN Salatiga Press

Dorothea, Wahyu Ariani. Manajemen Kualitas; Pendekatan Sisi Kualitatif, (Jakarta : Ghalia Indonesia, 2003)

Ghazali. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2016

Hasibuan, Melayu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi aksara.Edisi Revisi

Hp Sutarto. Manajemen mutu terpadu (MMT-TQM), (Yogyakarta : Yogyakarta: UNY Press 2015)

M. Maruf Abdullah. 2013, Manajemen Bisnis Syariah, ASWAJA, Yogyakarta

Moeheriono. 2012, Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Grafindo Persada Jakarta

Muhamad. Manajemen Bank Syariah,(Yogyakarta:Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, 2014),

Muhammad. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif, (Yogyakarta: PT.RAJAGRAFINDO PERSADA, 2008)

Murdijanto. 2001. Manajemen sumber daya manusia. (Jakarta : Bina Atmaja) Wibowo. Manajemen Kinerja. (Jakarta : Bina Atmaja, 2007)

Ratna Kartika Rini Zaen. Pengaruh Pengauh Sasaran mutu Customer Service terhadap Kinerja Customer Service di bank muamalat KCP Blitar (Studi Kasus Nasabah di bank muamalat KCP Blitar), Skripsi program sarjana IAIN tulungagung Prodi Ekonomi Syariah, (tulungagung: 2019), Tidak Diterbitkan

Sri rahayu. Pengaruh Pengauh Sasaran mutu Customer Service terhadap Kinerja Customer Service di bank syariah mandiri KCP Pekanbaru nangka (Studi Kasus Nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Pekanbaru nagka ), Skripsi program sarjana UIN sultan syarif kasyim pekanbaru riau Prodi Perbankan Syariah, (Riau: 2019), Tidak Diterbitkan

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2017)

Surya Dharma. 2010, Manajemen Kinerja,Pustaka Pelajar, (Yogyakarta)

Vitzal Rivai dkk. 2008, Islamic Bussines and Economic Ethics, Bumi Aksara, Jakarta

Wibowo. 2007, Manajemen Kinerja, Raja Grafindo Persada, Jakarta

Wirawan. 2009, Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Salemba Empat Jakarta

Downloads

Published

2022-08-30