Pengaruh Manajemen Strategi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Nasabah (Studi Pada BPRS HIK Parahyangan Cabang Garut)
DOI:
https://doi.org/10.62824/an4eqb46Keywords:
Manajemen Strategi, Kualitas Pelayanan, Nasabah, BPRS HIK Parahyangan GarutAbstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena semakin banyaknya lembaga-lembaga keuangan syari’ah. Persaingan saat ini semakin kuat dan ketat, sehingga pihak lembaga keuangan syari’ah harus mempunyai manajemen strategi yang kuat pula untuk menghadapi persaingan tersebut. Salah satu strategi yang paling baik, mampu menjalani komunikasi yang berkelanjutan. Pelayanan yang baik akan menciptakan komunikasi yang berkelanjutan. Karena dengan adanya penetapan pelayanan yang baik, sopan, dan sesuai dengan prinsip syari’ah, nasabah akan memiliki penilaian dan pengetahuan yang baik pula terhadap lembaga. Dan dengan cara itulah nantinya akan menciptakan daya tarik tersendiri pada nasabahnya terhadap pihak lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen strategi, kualitas pelayanan pada nasabah, dan pengaruh manajemen strategi terhadap kualitas pelayanan pada nasabah BPRS HIK Parahyangan cabang Garut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel manajemen strategi (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kualitas pelayanan (Y) pada nasabah BPRS HIK Parahyangan cabang Garut.
References
Budiaji, Weksi. 2013. Skala Pengukuran Dan Jumlah Respon Skala Likert, Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan Vol. 2 No. 2 Tahun 2013]. DOI: https://osf.oi/preprints/inarxiv/k7bgy/download.
Dwi Harmoyo, Manajemen Strategi Koperasi Jasa Keuangan Mikro Syari’ah, Jurnal BMT Syari’ah Sejahtera Boyolali Vol. 3 No. 2 Tahun 2012, hlm. 303. DOI: http://muqtasid.iainsalatiga.ac.id.
Dian Eka, Yulia Hamdaini Putri, Suhartini Karim, Kualitas Pelayanan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya, Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol. 16 No. 2 Tahun 2018, hlm. 90. DOI: http://ejournal.unsari.ac.id/index.php/jmbs.
Moch Sochih, Analisis Tingkat Kesehatan Bank Ditinjau Dari (CAMEL) Untuk mengukur keberhasilan manajemen, Jurnal Universitas Yoyakarta Vol. VI No. 2 Tahun 2008, hlm. 83. DOI: http://journal.uny.ac.id
Sri Anita, Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada jasa koperasi unit desa pratamajaya sungai kuning kecamatan singingi kabupaten jantan singingi Pekanbaru, Skripsi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (Pekanbaru, Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2014), hlm 22-23, Tidak Diterbitkan
Rafidah, Kualitas Pelayanan Islami Pada perbankan Syariah (NALAR FIQH, Volume 10, Nomor 2, 19 februari 2021)
Raharjo, Sahid. 2104. Cara Melakukan Uji Validitas Product Moment dengan SPSS, https://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-validitas-product-moment-spss.html?m=1. Diakses pada 26 Juni 2021.
Raharjo, Sahid. 2014. Cara Melakukan Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s dengan SPSS, https://spssindonesia.com/2014/01/uji-reliabilitas-alpha-spss.html?m=1. Diakses pada 26 Juni 2021.
Raharjo, Sahid. 2014. Cara Melakukan Uji Linearitas dengan Program SPSS, https://www.spssindonesia.com/2014/02/uji-linearitas-dengan-program-spss.html?m=1. Diakses pada 26 Juni 2021.
Raharjo, Sahid. 2014. Cara Melakukan Uji Normalitas Kolnogorov-Smirnov dengan SPSS, https://www.spssindonesiia.com/2014/01/uji-normalitas-kolmogorov-smirnov-spss.html?m=1. Diakses pada 26 Juni 2021.
Raharjo, Sahid. 2017. Panduan Lengkap Uji Analisis Regresi Linear Sederhana dengan SPSS, https://www.spssindonesia.com/2017/03/uji-analisis-regresi-linear-sederhana-.html?m=1. Diakses pada 26 Juni 2021.
Raharjo, Sahid. 2017. Makna Koefisien Determinasi (R Square) dalam Ananlisis Regresi linear Berganda, https://www.spssindonesia.com/2017/04/makna-koefisien-determinasi-r-square-.html?m=1. Diakses pada 26 Juni 2021.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hasan Firdaus, Zakie Shaddieqi, Rosa Yulia Pajriani, Rivaldi Alfiansyah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.