Analisis Pemasaran Syariah Dalam Produk Halal Di Indonesia

Authors

  • Ikmal Mumtahaen Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Fithrah Insani Bandung, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/m1rjnn90

Keywords:

Pemasaran Syariah, Produk Halal, Nilai-nilai Syariah, Maslahah

Abstract

Peningkatan kesadaran konsumen Muslim terhadap produk halal di Indonesia mendorong pelaku usaha untuk mengadopsi prinsip-prinsip pemasaran syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam konsep dan praktik pemasaran syariah dalam konteks produk halal di Indonesia melalui pendekatan studi pustaka. Dengan menggunakan metode deskriptif analitis, penelitian ini mengeksplorasi literatur yang relevan untuk mengidentifikasi prinsip-prinsip pemasaran syariah yang diterapkan dalam pemasaran produk halal, serta faktor-faktor yang memengaruhi implementasinya. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai etika, keadilan, transparansi, dan maslahah (kemanfaatan) dalam pemasaran produk halal memiliki peran penting dalam membangun kepercayaan konsumen Muslim dan menciptakan keunggulan kompetitif. Penelitian ini juga menemukan bahwa tantangan dalam implementasi pemasaran syariah meliputi kurangnya pemahaman pelaku usaha tentang prinsip-prinsip syariah dan kompleksitas regulasi sertifikasi halal. Dengan demikian, penelitian ini memberikan pemahaman komprehensif tentang tantangan dan peluang dalam mengembangkan strategi pemasaran syariah yang efektif untuk produk halal di Indonesia.

References

Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Atmoko, T. Prasetyo Hadi. 2018. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation.

Ayudhia, Viona., & Hidayat, Wahyu. 2017. Analisis Bauran Pemasaran Pada UMKM (Studi Kasus Pada UMKM Enting-Enting Gepuk Di Kota Salatiga). JIAB Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Darung, Fiasco., & Kristinae, Vivy. 2020. Arsitektur Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ukm Makanan Kecil Pada Masa Covid-19 Di Kalimantan Tengah. Media Bina Ilmiah.

Dewi, Pratiwie Nirmala., Hendriyani, Chandra., & Ramdhani, Rommy M. 2021. Analisis Implementasi Strategi Bauran Pemasaran 7P Pada Usaha Bakso Wong Jowo By Tiwi. Jurnal Industri Dan Perkotaan.

Fathoni, Muhammad Anwar. 2018. Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Hukum Islam. Jurisdictie.

Fatma, Nurhendra., Najib, Mukhamad., & Yasid, Mukhamad. 2019. Pengaruh Interpretasi Konsumen Dalam Bauran Pemasaran Syariah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Produk Shampo Sari Ayu Hijab) PT. Martina Berto. Tbk. Martha Tilaar). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing. Pearson Education Limited.

Downloads

Published

2024-06-28