Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Mitra Emas IB Maslahah Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BJB Syariah KCP Banjar

Authors

  • Alwi Rachman STIE Ar-Risalah Ciamis, Indonesia Author
  • Ikmal Mumtahaen STIE Ar-Risalah Ciamis, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/vq6t6k78

Keywords:

Kualitas Pelayana, Kualitas Produk Mitra Emas IB Maslahah, Kepuasan Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk Mitra Emas Ib Maslahah terhadap kepuasan nasabah di Bank BJB Syariah  KCP Banjar, adakah  pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk Mitra Emas Ib Maslahah terhadap kepuasan nasabah di Bank BJB Syariah  KCP Banjar. Jenis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Dengan sumber data primer. Penelitan ini menggunakan teknik sampling sensus yang berarti semua dari 57 nasabah menjadi responden. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Dan menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, Kualitas Pelayanan akan mempengaruhi Kepuasan Nasabah sebesar 0,021 maka pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Bank BJB Syariah KCP Banjar yang menggunakan produk Mitra Emas IB Maslahah hanya 2,1%. Berdasarkan hasil uji t, kualitas pelayanan memperoleh nilai t hitung sebesar 0,942 < 1,297  (t tabel) dan nilai signifikan sebesar 0,350 > 0,10. Maka kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah di Bank BJB Syariah  KCP Banjar. Lalu Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, Kualitas Produk Mitra Emas IB Maslahah  akan mempengaruhi Kepuasan Nasabah sebesar 0.950 yang dapat diartikan kuailtas produk Mitra Emas IB Maslahah berpengaruh sebesar 95% terhadap kepuasan nasabah yang menggunakan produk Mitra Emas IB Maslahah di Bank BJB Syariah KCP Banjar. Berdasarkan uji t kualitas produk Mitra Emas Ib Maslahah secara parsial menunjukan t hitung sebesar 18,123 > 1,297 (t tabel) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,10. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah di Bank BJB Syariah  KCP Banjar dengan signifikan. Berdasarkan hasil analisis regresi Konstanta sebesar 0,690, jika segala sesuatu pada variabel independen Kualitas Pelayanan (X1) dan Kualitas Produk Mitra Emas Ib Maslahah (X2) dianggap konstan, maka mempengaruhi kepuasan nasabah sebesar 69%. Secara simultan, Kualitas pelayanan dan Kualitas produk Mitra Emas Ib Maslahah memperoleh nilai f hitung sebesar 168,666 > 3,17 (f tabel) dan signifikan 0,000 < 0,10. Maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk Mitra Emas Ib Maslahah berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah di Bank BJB Syariah  KCP Banjar dengan signifikan.

References

Arikunto, S.2019. Prosedur Penelitian.Jakarta:Rineka cipta.

Bahrudin, M., & Zuhro, S. 2016. Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan, BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam.

Bank BJB Syariah (www.bjbsyariah.co.id) diakses pada tanggal 10 Juni 2023

Fitri dan Haryanti. 2020. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, ualitatif, Mixed Method, dan Reseach and Development. Malang : Madani Media.

Fitri Novianti Pramudya.2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Pembiayaan Ar-Rum Di Pegadaian Syariah. Diakses pada tanggal 10 Juni 2023

OJK (https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/Pages/Prinsip-dan-Konsep-PB-Syariah.aspx) diakses pada Juni 2023.

Moh. Nazir.2014.Metode Penelitian.Bogor:Ghalia Indonesia

Rioni Mahbengi.2019. Analisis Pengaruh Promosi, Pelayanan Dan Kualitas Produk Rahn (Gadai) Terhadap Kepuasan Nasabah Di Pt. Pegadaian Syariah Cabang Ar. Hakim Medan. Diakses pada tanggal 10 Juni 2023

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Yuda Herawati ‘dkk’.2022. Pengaruh Informasi Gadai Emas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah di Bankaltimtara Syariah Cabang Syariah Samarinda. Diakses pada tanggal 10 Juni 2023

Danang, Sunyoto. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Downloads

Published

2023-06-30