Business Ethics in Islamic Perspective
DOI:
https://doi.org/10.62824/jpb6mp65Keywords:
Etika bisnis, Konsep Islam, Prinsip IslamAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana konsep etika bisnis dalam perspektif umum dan Islam bagi pelaku bisnis. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep etika bisnis Islam yang dicontohkan Rasulullah serta bagaiamana implementasinya bagi para pelaku bisnis sehingga nantinya diharapkan hasil resume penelitian ini dapat dijadikan sebuah framework atau model bagi para pelaku usaha lainnya. Penelitian yang dilakukan berupa deskriptif menggunakan studi literatur.Hasilnya. Dalam menjalankan usaha dan kegiatan, para pelaku usaha telah memahami dan mengimplementasikan prinsip atau nilai-nilai Islam dengan berlandaskan pada Al Qur’an dan Hadits. Konsep etika bisnis Islam ini meliputi enam aspek: konsep ketuhanan, konsep kepemilikan harta, benar dan baik, tanggung jawab, kejujuran.
References
Agus, A. (2012). Etika Bisnis Bagi Pelaku Bisnis. RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Amalia, F. (2014). ETIKA BISNIS ISLAM : KONSEP DAN IMPLEMENTASI PADA PELAKU USAHA KECIL. UIN Jakarta.
Anita Sinaga, N. (2020). Kode Etik Sebagai Pedoman Pelaksanaan Profesi Hukum Yang Baik. Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 10(2), 1–34. https://doi.org/10.35968/jh.v10i2.460
Anshari, E. S. (2010). Pokok-Pokok Pikiran tentang Islam dan Umatnya. Bandung: CV Pustaka Setia.
Ariyadi. (2018). BISNIS DALAM ISLAM. Jurnal Hadratul Madaniyah, 5(1), 13–26.
Bertens, K. (2000). Pengantar Etika Bisnis. Jakarta: Kanisius.
Bunyamin. (2018). KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT IBN MISKAWAIH DAN ARISTOTELES (STUDI KOMPARATIF). Jurnal Pendidikan Islam, 9(November), 127–142.
Choirunnisak. (2017). Konsep Pengelolaan Kekayaan dalam Islam. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 3(1), 27–44. https://doi.org/10.36908/isbank.v3i1.74
Cullen, J. B., Victor, B., & Parboteeah, K. P. (2003). The Effects of Ethical Climates on Organizational Commitment: A Two-Study Analysis. Journal of Business Ethics.
Cymbidiana, R. E., & Rosidi. (2013). ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL DALAM MENETAPKAN STRATEGI UNTUK KEBERLANGSUNGAN HIDUP PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Industri Rumah Tangga Keripik Tempe Ri-Mas Malang). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Darussalam, A. (2011). Etika Bisnis dalam Perspektif Hadits (Cet 1 ). Alauddin Universitas Press.
Fadillah, N. (2015). Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Muslim Yang Sukses. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 10(1). https://doi.org/10.26533/eksis.v10i1.56
Faisal Badroen, D. (2006). Etika Bisnis dalam Islam. Kencana.
Hasan, M., & Muhammad, A. (2018). Pembangunan Ekonomi.
Hasnidar, & Haslindah. (2021). PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP PERDAGANGAN SAPI DI KECAMATAN TANETE RIATTANG BARAT KABUPATEN BONE. Balance JURNAL EKONOMI DAN BISNIS ISLAM, 3(2), 9–17.
Hasoloan, A. (2018). PERANAN ETIKA BISNIS DALAM PERUSAHAAN BISNIS. Jurnal Warta, 57. Retrieved from http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom
Huda, M. (2019). Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen dalam pandangan Islam. Jurnal El-Faqih, 5(April), 93–110.
Hudiarini, S. (2017). PENYERTAAN ETIKA BAGI MASYARAKAT AKADEMIK DI KALANGAN DUNIA PENDIDIKAN TINGGI. JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN, 2(1), 1–13.
Idri. (2015). Hadist Ekonomi (Ekonomi Dalam Persepektif Islam Hadis} Nabi).Cet I,. Jakarta: Kencana.
Ilyas, R. (2016). Manusia Sebagai Khalifah. Mawa’izh, 1(7), 169–195.
Inayati, A. A. (2013). Pemikiran Ekonomi Islam Umer Chapra. PROFETIKA, Jurnal Studi Islam, 14(2), 167–180. Retrieved from https://journals.ums.ac.id/index.php/profetika/article/download/2015/1433
Irawan, H. (2017). Penerapan Etika Bisnis Islam pada Pedagang Sembako di Pasar Sentral Sinjai.
Iskandar. (2016). PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN. Forum Ekonomi, 18(1), 76–84.
Khoiruddin. (2015). ETIKA PELAKU BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM. ASAS, 7(1), 41–56.
Latif, A. (2014). Nilai-Nilai Dasar Dalam Membangun Ekonomi Islam. DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum, 153–169.
Maghfur, I. (2018). PERAN AKHLAK SYARIAH DALAM EKONOMI BISNIS GLOBAL (Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadist). MALIA: Jurnal Ekonomi Islam, 9, 259–280.
Makmur, S. (2018). PENGUSAHA BERETIKA BISNIS MEWUJUDKAN PENEGAKAN HUKUM. Majalah Manajemen Dan Bisnis Ganesha, 2(1), 39–56.
Mardani. (2018). Hukum Bisnis Syariah.
Masrur, M. (2018). Konsep Harta dalam Al-Qur’ān dan Ḥadīṡ. Jurnal Hukum Islam, 15(1), 95–128. https://doi.org/10.28918/jhi.v15i1.801
Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasaan pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi Volume, 7(2), 113–125.
Mehilda, S. (2020). MENGENAL BISNIS YANG TAK KENAL RUGI DALAM. 9(2), 159–173.
Misbahuddin. (2019). AL-MA’AD DALAM AL-QUR’AN. Jurnal Al-Asas, 3(2).
Muhajir, N. (1983). Motede Penelitian Kualitatif, Edisi II, cet. Ke-8. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Muhayatsyah, A. (2020). Etika Bisnis Islam dalam Prespektif Pemikiran al-Ghazali Islam Bussines Ethics in al-Ghazali’s Perspektive. Jurnal Penelitian Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2(2), 84–104.
Muthmainnah. (2014). KONSEP HARTA DALAM PANDANGAN EKONOMI ISLAM. Bilancia, 10, 135–155.
Ningsih, E. R. (2017). STUDI EKSPLORASI PENERAPAN ETIKA BISNIS PADA PERBANKAN SYARI ’ AH DI INDONESIA. Iqtishadia - Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam, 10(1), 156–177.
Norvadewi. (2017). BISNIS DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Telaah Konsep, Prinsip dan Landasan Normatif). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 33–46.
Pamuji, A. (2020). IMPLEMENTASI BUSINESS ETHIC PADA PT BANK SAHABAT SAMPOERNA (BSS) tbk. JEMSI: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Sistem Informasi, 1(6), 560–569. https://doi.org/10.31933/JEMSI
Pamuji, R. S. S., & Kiswara, Y. E. (2022). Penerapan Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Pemberi Kerja dan Hak Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan (Study Kasus Pada Customer Service Di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero),.Tbk) 1Rita. ENTREPRENEUR: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 3, 580–593.
Prawirosentoso, S. (2002). , Pengantar bisnis Moderent Studi kasus Indonesia dan analisis kualitatif ( Cet I ). Bumi aksara.
Purwanto, P. (2020). PERWUJUDAN KEADILAN DAN KEADILAN SOSIAL DALAM NEGARA HUKUM INDONESIA: Perjuangan yang Tidak Mudah Dioperasionalkan. Jurnal Hukum Media Bhakti, 1(1). https://doi.org/10.32501/jhmb.v1i1.2
Rachman, M. (1999). Strategi dan Langkah-langkah Penelitian. Semarang: IKIP Semarang Perss.
Raharjo, D. (1990). Etika Ekonomi dan manajemen. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Rahmawati. (2015). Baik dan Buruk. Al-Munzir: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Komunikasi Dan Bimbingan Islam, 8(1), 71. Retrieved from https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-munzir/article/view/767
Ridwan. (2015). Konstruksi filosofis akad-akad ekonomi syariah. Ijtihad, Jurnal Wacana Hukum Islam Dan Kemanusiaan, 15(2), 257–274. https://doi.org/10.18326/ijtihad.v15i2.257-274
Saskhim, M., & Morris, william C. (1987). Experiencing manajement. United States Americ : Addison Wsley Publishing company,.
Sulistiawati, & Fuad, A. (2017). Konsep Kepemilikan dalam Islam Studi atas Pemikiran Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani. Jurnal Syariah, Vol, V,(No 2), 24–52.
Syafiq, A. (2019). Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen dalam pandangan Islam. Jurnal El-Faqih, 5(April 2019).
Tiakoly, K., & Wahab, A. (2019). Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Usaha Pedagang Barang Campuran di Pasar Tradisional Gamalama. Jurnal Iqtisaduna, 5, 102–123.
Usman, U., & Vuspitasari, B. K. (2019). Penerapan Nilai-Nilai Kejujuran Dalam Mengembangakan Pendidikan Kewirausahaan Di Daerah Perbatasan. Business, Economics and Entrepreneurship, 1(2), 20–27. https://doi.org/10.46229/b.e.e..v1i2.125
Warsito, F. X., & Djoko, S. (2018). Etika moral berjalan, hukum jadi sehat. Binamulia Hukum, 7(1), 26–35.
Widayanto, M. T. (2019). Hierarki Kebutuhan Mahasiswa dan Pemenuhannya pada Fakultas Ekonomi Universitas Panca Marga Probolinggo (Studi Applikasi dari Teori Hierarki Kebutuhan Maslow). Jurnal Equilibrium Manajemen (JEM), 5(1), 14–28.
Yasin. (2016). TEORI KEBENARAN DALAM (HUKUM) ISLAM. JIS. Retrieved from https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Yunaida, E. (2017). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Pendapatan Produk Surat dan Paket Kantor Pos Langsa. Jurnal Manajemen & Keuangan, 6(1), 688–699.
YUSUF, I. M. (2017). ETIKA VS ETIKET (SUATU TELAAH TENTANG TUNTUTAN DAN TUNTUNAN DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK). Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 60–78. Retrieved from https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Zubair, A. C. (1997). Kuliah Etika. Jakarta: Rajawali Pers.