Analisis Persepsi Muzaki Dalam Membayar  Zakat Melalui Lembaga Amil Zakat Desa Rajadesa Ciamis

Authors

  • Andre Andrian STEI Fitrah Insani Bandung, Indonesia Author
  • Rafi Nurhidayat Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Kunir Author
  • Ikmal Mumtahaen STEI Fitrah Insani Bandung Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/e3daaa63

Keywords:

Persepsi, Muzaki, Membayar Zakat

Abstract

Tiga masalaah besar yang dihadapi oleh lembaga pengelola zakat saat ini yakni problem kelembagaan,problem sumberdaya manusia, dan masalah sistem. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis persepsi muzaki dalam membayar zakat melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) di pasar rajadeasa kecamatan rajadesa kabupaten ciamis. Jenis penelitian ini adalah Field research (penelitian langsung dilapangan) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis penulis, hasil penelitian menunjukan bahwa: Analisis persepsi muzaki dalam membayar zakat melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) di pasar rajadesa Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis yaitu hasilnya menunjukan bahwa rata-rata para pedagang di pasar rajadesa kecamatan kabupaten ciamis mereka dominan membayar zakat melalui Lembaga Amil Zakat, dari hasil kuisioner penelitian sebanyak 30 orang. Ada 21 orang yang menyalurkan zakatnya melalui Lembaga Amil Zakat, dan ada 9 orang mereka lebih memilih menyalurkan zakat langsung kepada pihak mustahiq atau yang berhak menerima zakat.

References

Atabik, A. (2016). Peranan zakat dalam pengentasan kemiskinan. ZISWAF: Jurnal Zakat Dan Wakaf, 2(2), 339–361.

Ayuningtyas, R. D., & Sari, R. L. (2020). Analisis Minat Muzakki Membayar Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(1).

Baznas Sumut. (2016). Kebangkitan Zakat, Edisi Khusus Idul Adha dalam Risalah Zakat.

Daniati, T. (2018). Pengaruh Religiusitas, Akuntabilotas, dan Kredibilitas Lembaga Amil Zakat Terhadap Keputusan Membayar Zakat Di Lembaga Amil Zakat. https://www.fairportlibrary.org/images/files/RenovationProject/Concept_cost_estimate_accepted_031914.pdf

Fadillah, P. I., & Yafiz, M. (2022). Analisis Zakat Produktif Sebagai Instrumen Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(8), 2141–2148.

Grahesti, A., Hutami, A. S., & Rohmah, J. M. (2023). Pengaruh Akuntabilitas, Kredibilitas, dan Transparansi Terhadap Minat Membayar Zakat pada Lembaga Amil Zakat di Surakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 1421–1429.

Hartatik, E. (2015). Analisis Praktik Pendistribusian Zakat Produktif Pada Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kabupaten Magelang. Jurnal ..., 7(1), 33.

Hayati, N. (2022). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi dan Kepercayaan Terhadap Minat Muzakki Di Badan Amil Zakat Nasional Kota Pekanbaru. http://repository.uin-suska.ac.id/62955/1/Skrpsi%20Nurmala%20Hayati%20.pdf

Huda, N., Novarini, Mardoni, Y., & Sari, C. P. (2015). Zakat Perspektif Mikro-Makro Pendekatan Riset (1st ed.). Prenadamedia Group.

Ismatullah, I., & Kartini, T. (2018). Transparansi dan Akuntabilitas Dana Masjid dalam Pemberdayaan Ekonomi Ummat. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi (Jurnal Akuntansi, Pajak Dan Manajemen), 6(12), 186–204.

Istikhomah, D., & Asrori, A. (2019). Pengaruh literasi terhadap kepercayaan muzaki pada lembaga pengelola zakat dengan akuntabilitas dan transparansi sebagai variabel intervening. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 95–109.

Julkarnain, J. (2018). Akuntabilitas dan Transparansi dalam Meningkatkan Kualitas Sistem Manajemen Keuangan Masjid Di Kota Medan. JRAM (Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma), 5(2).

Mufraini, A. (2006). Akuntansi dan Manajemen Zakat: Mengomunikasikan Kesadaran dan Membangun Jaringan (1st ed.). Prenada Media Group.

Muliati, S. C. R. (2019). Persepsi Masyarakat terhadap Kesadaran Muzakki dalam Membayar Zakat di Kabupaten Pinrang. DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum, 17(1), 128–150.

Musarofah, I. (2022). Pengaruh Faktor Pendapatan Religiusitas, Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Zakat Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat Melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Jember [PhD Thesis]. UIN KH Achmad Siddiq Jember.

Musqari, N., & Huda, N. (2018). Pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas melalui variabel kepuasan pada lembaga amil zakat (Studi pada Baituzzakah Pertamina Kantor Pusat). Perisai: Islamic Banking and Finance Journal, 2(1), 34–53.

Riyaldi, M. H., & Yusra, M. (2020). Mengukur tingkat kepercayaan muzakki kepada Baitul Mal Aceh. Jurnal Iqtisaduna, 6(1), 78–90.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Toriquddin, M. (2015). Pengelolaan zakat produktif: Perspektif maqasid al-syari’ah Ibnu ’Asyur.

Wibisono, Y. (2015). Mengelola Zakat Indonesia (1st ed.). Prenadamedia Group.

Yulianti, I., & Khoiriyah, A. N. (2016). Pengaruh Kepuasan Muzzaki, Transparansi, Dan Akuntabilitas Pada Lembaga Amil Zakat Terhadap Loyalitas Muzzaki. Jurnal Ekonomi Islam, 7(2).

Zalikha, S. (2016). Pendistribusian Zakat Produktif Dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 15(2), 304–319.

Downloads

Published

2024-12-30