Pengaruh Pemahaman Produk Perbankan Syariah Dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah

(Studi Kasus pada Mahasiswa STAIPI Garut)

Authors

  • Hasan Firdaus STAI Persis Garut, Jawa Barat, Indonesi Author
  • Zakie Shaddieqi STAI Persis Garut, Jawa Barat, Indonesia Author
  • Muhammad Suparman STAI Persis Garut, Jawa Barat, Indonesia Author
  • Zulfalah Zulfalah STAI Persis Garut, Jawa Barat, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/9f367v65

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara pemahaman produk perbankan syariah dan sistem bagi hasil terhadap minat menjadi nasabah bank syariah. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan metode survey kuantitatif dengan menggunakan teknik penyebaran angket dan wawancara. Objek dari penelitian ini adalah Mahasiswa STAIPI Garut. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa pemahaman produk perbankan syariah dan sistem bagi hasil secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi nasabah. Signifikansi ini disebabkan oleh adanya kepercayaan yang dimiliki nasabah terkait keutamaan penggunaan sistem perbankan Syariah dalam kehidupan masyarakat muslim hal ini juga diperkuat oleh stigma bahwa perbankan Syariah akan mendatangkan keberkahan dan pahala dari Allah yang mampu membawa masyarakat muslim menjadi komunitas terbaik di dunia.

References

Andespa, R. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung di Bank Syariah. Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, 2(1), 44–55.

Departemen Agama RI. (2015). al-Qur’an dan Terjemahannya. Diponegoro.

Djazuli. (2006). Kaidah-Kaidah Fiqih: Kaidah-Kaidah Hukum Islam dalam Menyelesaikan Masalah-Masalah yang Praktis. Kencana.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ibrahim, C., & Rusdianto, H. (2016). Pengaruh Produk Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Dengan Persepsi Masyarakat Sebagai Variabel Moderating di Pati. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 43–61.

Iskandarwasid, I., & Sunendar, D. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Rosda.

Kartika, D. (2017). Pengaruh Pemahaman Mahasiswa Perbankan Syariah Atas Bagi Hasil dan Bunga Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah Iain Surakarta Angkatan 2014-2016 [Skripsi program sarjana, IAIN Surakarta, Jurusan Perbankan Syariah].

Kayati, N. (2018). Pengaruh Pengetahuan Mahasiswa Tentang Hukum dan Produk Perbankan Syariah Terhadap Minat Menjadi Nasabah Perbankan Syariah (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Muamalah Iain Ponorogo) [Skripsi program sarjana, IAIN Ponorogo, Jurusan Muamalah, Fakultas Syariah].

Martono, N. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (Edisi Revisi). Raja Grafindo Persada.

Muhammad. (2002). Manajemen Bank Syariah. UUP AMP YKPN.

Muhammad. (2013). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif. Rajawali Press.

Nasrulloh, A. A. (2012). Pengaruh Bagi Hasil Terhadap Dana Pihak Ketiga Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Akuntansi, 7(1), 123–134.

Notoatmojo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. PT Rineka Cipta.

Sabiq, S. (2010). Fiqih Sunnah 5. Pena Pundi Aksara.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran Teori Dan Praktek Pengembangan KTSP. Kencana.

Sharum, & Salim. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Citapustaka Media.

Siyoto, S., & Ali, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajawali Pers.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. CV Alpabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Sukanto, S. (1985). Nafsiologi: Suatu Pendekatan Alternatif Atas Psikologi. Integrita Press.

Wahab, A., & Shaleh, M. A. R. (2004). Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Prenada Media.

Wiroso. (2009). Produk Perbankan Syariah. LPFE Usakti.

Yahya, M., Agunggunanto, & Yusuf, E. (2011). Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 1(166), 1–20.

Yumanita, D., & Ascarya. (2005). Bank Syariah: Gambaran Umum. Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan.

Zakaria, A. (2012). Etika Bisnis Dalam Islam. Ibn Azka Press.

Downloads

Published

2022-12-28