Manajemen Krisis Dalam Organisasi: Pengalaman Pemimpin Bisnis Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Implikasinya Terhadap Keberlanjutan Usaha

Authors

  • Hermanto Joesoef Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/mhvgy748

Keywords:

Manajemen Krisis, Keberlanjutan Usaha, Pemimpin Bisnis, Pandemi COVID-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali pengalaman pemimpin bisnis dalam mengelola krisis yang timbul akibat pandemi COVID-19 dan implikasinya terhadap keberlanjutan usaha. Melalui pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap pemimpin bisnis dari berbagai sektor, penelitian ini mengidentifikasi strategi manajemen krisis yang diterapkan untuk mengatasi tantangan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemimpin bisnis mengutamakan fleksibilitas dalam pengambilan keputusan, serta pentingnya komunikasi yang transparan dengan stakeholder. Adaptasi teknologi dan inovasi bisnis menjadi kunci utama dalam mempertahankan kelangsungan operasional. Selain itu, tindakan restrukturisasi dan efisiensi operasional turut diambil untuk menanggulangi penurunan pendapatan yang signifikan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberlanjutan usaha sangat bergantung pada kemampuan organisasi untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dan berinovasi di tengah ketidakpastian. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan pemimpin bisnis untuk mengembangkan kapasitas teknologi dan digitalisasi, memperkuat hubungan dengan stakeholder, serta menyusun rencana kontingensi yang dapat diterapkan dalam menghadapi krisis di masa depan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan teori manajemen krisis dan strategi keberlanjutan usaha di era pasca-pandemi.

References

Elmanisar, V., Utami, B. Y., Gistituati, N., & Anisah, A. (2024). Implementasi kepemimpinan adaptif kepala sekolah untuk keberhasilan di era disrupsi. Journal of Education Research, 5(2), 2239–2246.

Erman, N., & Winario, M. (2024). Kepemimpinan transformasional terhadap kemampuan organisasi dalam mengatasi krisis di era digital. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 11022–11034.

Firdaus, I., Mumtaz, N., Herlambang, R., Januar, R. S., & Oktafiani, A. P. (2024). Resiliensi dan Inovasi Kelompok Asani Farm pada Masa dan Pasca Pandemi COVID-19. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 7(2), 269–282.

Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode penelitian kuantitatif. Pascal Books.

Suwandi, S. (2023). Manajemen Krisis Terkini: Strategi Adaptif Dalam Menghadapi Bencana Dan Tantangan Mendadak. Jurnal Darma Agung, 31(3), 473–482.

Zebua, M., & others. (2023). STRATEGI MANAJEMEN KRISIS SEBAGAI PROSES PENGENDALIAN DAN PENCEGAHAN KRISIS (STUDI KASUS PADA STAF OPERASI KODAM XIV/HASANUDDIN). Universitas Hasanuddin.

Downloads

Published

2025-04-30