Tata Kelola Administrasi Madrasah Aliyah Manbaul Ulum
DOI:
https://doi.org/10.62824/8rw05g19Keywords:
Tata kelola, AdministrasiAbstract
Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran peserta didik dibawah pengawasan guru. Keberadaan sekolah saat ini sangat menunjang proses kegiatan belajar mengajar yang akan dilaksanakan dan tata kelola administrasi sekolah penting dalam menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini menganalisis dari tata kelola administrasi kesiswaan, sarana dan prasaran, kurikulum bagi peneliti, untuk para pembaca ialah untuk menjadi informasi yang bermanfaat khususnya dalam bidang pendidikan. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif yaitu proses penelitian yang memperoleh data deskriptif dalam bentuk bahasa tulisan atau ucapan secara langsung dan kegiatan yang sedang diamati. Hasil dan pembahasan tata kelola administrasi Madrasah Aliyah Manbaul Ulum tata kelola kurikulum menggunakan atau memilih pendekatan mata pelajaran atau tematik secara bebas sesuai kebutuhan pembelajaran siswa yang diprogramkan. Bentuk pembelajaran dapat dilakukan secara kolaboratif beberapa mata pelajaran dalam mendukung satu tema yang di dalamnya dikelola melalui pembelajaran berbasis proyek, sehingga capaian intrakurikuler dapat diwujudkan sekaligus penguatan karakter pelajar Pancasila dan pelajar rahmatan lil ‘alamin.Tata kelola kesiswaan begitu di perhatikan sangat detail dan begitu intensif, mengapa demikian karena pengelolaan kesiswaan baik, tersusun rapih, semua data siswa punya, itu merupakan salah satu daya tarik bagi masyarakat karena pengelolaan Administrasi Kesiswaan yang sangat teratur. Tata kelola sarana dan prasarana ada dua sumber dana yang di peroleh dari madrasah aliyah sumber dari pemerintah dan donatur yayasan apa yang menjadi kebutuhan sekolah di kelola dengan baik. Kesimpulan tata kelola administrasi madrasah aliyah sudah cukup baik.
References
Andriani, N., & Hidayat, M. (2023). Pengelolaan Administrasi Sekolah. Jurnal Pelita Nusantara, 1(2), 215-220.
Asa, H., Hindib, A. N. A., Khadijahc, I. S. H., & Wulandhanie, S. (2022) Tata Kelola Administrasi Sekolah Berbasis Internet. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 2 No. 1
Dullah, Y., & Munir, M. (2020). Manajemen Kesiswaan di SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) Harapan Mulia Palembang. Studia Manageria, 2(1), 1-12.
Emzir,(2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers. 2010),h.129. 31 Miles H
Farihin, A., Prahardik, S. E., Dasuki, A., Kusumadewi, R. A., & Anggraeni, P. (2021). Motivasi belajar lansia dalam mengikuti pengajian rutin AHADAN di Majelis Taklim Darussalam Kunir. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(02), 439-446.
Hamalik, Oemar. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Marsigit, 2018. Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Media Akademi
Nupusiah, U., Aditya, R., & Dewi, D. S. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin, 9(1), 10-16.
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia
Salim, Haidir, (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, pendekatan dan jenis. Jakarta: Kencana
Satrio, S., Hasibuan, L., Us, K. A., & Rizki, A. F. (2021). Administrasi Kurikulum, Kesiswaan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Tinjauan Administasi Sekolah. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 4(2), 92-101.
Sinta, I. M. (2019). Manajemen sarana dan prasarana. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 77-92.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Cet. Ke-23, April 2016. hal. 7, 226, 231-233, 240, 243-244 dan 291
Wahyudin, Undang Ruslan. 2020. Manajemen Pendidikan teori dan praktik dalam penyelenggaraan sistem pendidikan nasional. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.