Sinergritas Manajemen Kepala Sekolah Dengan Profesionalisme Guru Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Di SDIT Miftahul Wildan
DOI:
https://doi.org/10.62824/j4r0v487Keywords:
Konsumsi, Produksi, Distribusi, Ekonomi IslamAbstract
Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan kualitas diri untuk menjadi berguna bagi orang lain, suatu kebutuhan dalam pendidikan di masyarakat. Sekolah memiliki peran penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam kehidupan sosial. Kepala sekolah, sebagai pemegang posisi tertinggi, mengelola sumber daya yang penting. Sumber daya manusia adalah hal yang krusial di sekolah, terutama guru yang mengelola proses pembelajaran. Profesionalisme guru memengaruhi keberhasilan siswa. Sinergi antara kepemimpinan kepala sekolah dan guru profesional menjamin pendidikan berkualitas. Profesionalisme guru melibatkan pemenuhan standar, penguasaan materi, pengiriman yang efektif, sosialisasi, dan pengembangan diri yang terus-menerus untuk bersaing dalam dunia pendidikan yang kompetitif. Kepala sekolah memotivasi staf untuk peningkatan kinerja. Masyarakat memilih lingkungan pendidikan sesuai kebutuhan mereka: suasana yang kondusif, fasilitas yang memadai, pembelajaran yang inovatif, manajemen yang efektif, dan lulusan yang kompeten.
References
Anik Muflihah, Arghob Khofya Haqiqi. (2019) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH. QUALITY 7(2) 48-63
Askuri. (2022) Membina Kompetensi Profesionalisme Guru Dengan Manajemen Kepala Sekolah. Pekalongan Nasya Expnding Management
Basri, Khairinal, Firman. (2021) Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Fungsi Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Merangin. Jurnal Ilmiah Dikdaya. 11(2) 349-361
Ditha Prasanti. (2018) PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI BAGI REMAJA PEREMPUAN DALAM PENCARIAN INFORMASI KESEHATAN. JURNAL LONTAR. 6(1) 13-21
Farihin, A., Prahardik, S. E., Dasuki, A., Kusumadewi, R. A., & Anggraeni, P. (2021). Motivasi belajar lansia dalam mengikuti pengajian rutin AHADAN di Majelis Taklim Darussalam Kunir. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(02), 439-446.
Hendarman.(2018) Revolusi Kepala Sekolah. Jakarta : Indeks
ISKANDI. (2020). HUBUNGAN PENDIDIKAN DENGAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI. Tawshiyah 15(1) 1-19
kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. 21(1) 33-54
Muhammad Rijal Fadli, (2021) Memahami desain metode penelitian Jurnal Pusaka. 5(2) 71-87
Nurhayati, Rego Devilla, Mulyadi Radjab, Muh Yahya. (2022) PERANAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 SEGERI, UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi 6(01) 9-14
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia
Sandra Fratiwi Kapitan, Andrew Christian Aseng, (2023) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Ekonomi. 9(2) 891-902
Siti Nur Isnaini, Hadiyanto,Rusdinal. (2023) Manajemen Kepala Sekolah dalam Mengelola Pendidikan di Sekolah Dasar. JMPIS Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 4(2)645-652
Sowiyah. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak ; Teori & Praktek. Yogyakarta : Graha Ilmu
Yazidul Busthomi. (2018) FAKTOR UTAMA KEBERHASILAN PESERTA DIDIK DALAM MENGUASAI STANDAR KOMPETENSI. LP3M IAI Al-Qolam
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.