Sinergritas Manajemen Kepala Sekolah Dengan Profesionalisme Guru Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Di SDIT Miftahul Wildan

Authors

  • Nur Muhidin IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia Author
  • Hanim Husnal Khalida IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia Author
  • Fahad Ahchmad Sadat IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/j4r0v487

Keywords:

Konsumsi, Produksi, Distribusi, Ekonomi Islam

Abstract

Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan kualitas diri untuk menjadi berguna bagi orang lain, suatu kebutuhan dalam pendidikan di masyarakat. Sekolah memiliki peran penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam kehidupan sosial. Kepala sekolah, sebagai pemegang posisi tertinggi, mengelola sumber daya yang penting. Sumber daya manusia adalah hal yang krusial di sekolah, terutama guru yang mengelola proses pembelajaran. Profesionalisme guru memengaruhi keberhasilan siswa. Sinergi antara kepemimpinan kepala sekolah dan guru profesional menjamin pendidikan berkualitas. Profesionalisme guru melibatkan pemenuhan standar, penguasaan materi, pengiriman yang efektif, sosialisasi, dan pengembangan diri yang terus-menerus untuk bersaing dalam dunia pendidikan yang kompetitif. Kepala sekolah memotivasi staf untuk peningkatan kinerja. Masyarakat memilih lingkungan pendidikan sesuai kebutuhan mereka: suasana yang kondusif, fasilitas yang memadai, pembelajaran yang inovatif, manajemen yang efektif, dan lulusan yang kompeten.

References

Anik Muflihah, Arghob Khofya Haqiqi. (2019) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH. QUALITY 7(2) 48-63

Askuri. (2022) Membina Kompetensi Profesionalisme Guru Dengan Manajemen Kepala Sekolah. Pekalongan Nasya Expnding Management

Basri, Khairinal, Firman. (2021) Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Fungsi Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Merangin. Jurnal Ilmiah Dikdaya. 11(2) 349-361

Ditha Prasanti. (2018) PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI BAGI REMAJA PEREMPUAN DALAM PENCARIAN INFORMASI KESEHATAN. JURNAL LONTAR. 6(1) 13-21

Farihin, A., Prahardik, S. E., Dasuki, A., Kusumadewi, R. A., & Anggraeni, P. (2021). Motivasi belajar lansia dalam mengikuti pengajian rutin AHADAN di Majelis Taklim Darussalam Kunir. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(02), 439-446.

Hendarman.(2018) Revolusi Kepala Sekolah. Jakarta : Indeks

ISKANDI. (2020). HUBUNGAN PENDIDIKAN DENGAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI. Tawshiyah 15(1) 1-19

kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. 21(1) 33-54

Muhammad Rijal Fadli, (2021) Memahami desain metode penelitian Jurnal Pusaka. 5(2) 71-87

Nurhayati, Rego Devilla, Mulyadi Radjab, Muh Yahya. (2022) PERANAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 SEGERI, UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi 6(01) 9-14

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia

Sandra Fratiwi Kapitan, Andrew Christian Aseng, (2023) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Ekonomi. 9(2) 891-902

Siti Nur Isnaini, Hadiyanto,Rusdinal. (2023) Manajemen Kepala Sekolah dalam Mengelola Pendidikan di Sekolah Dasar. JMPIS Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 4(2)645-652

Sowiyah. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak ; Teori & Praktek. Yogyakarta : Graha Ilmu

Yazidul Busthomi. (2018) FAKTOR UTAMA KEBERHASILAN PESERTA DIDIK DALAM MENGUASAI STANDAR KOMPETENSI. LP3M IAI Al-Qolam

Downloads

Published

2024-10-30