Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di SDN Proklamasi

Authors

  • Najma Silliya Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Kunir, Subang, Jawa Barat, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/hv3hdj88

Keywords:

Motivasi belajar, prestasi Belajar IPA

Abstract

Artikel ini ditujukan untuk menyelidiki pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa. Penelitian korelasi deskriptif ini dilakukan sebagai studi kasus terhadap siswa kelas empat Sekolah Dasar, dengan tujuan utama untuk menggambarkan sejauh mana pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA mereka. Penelitian ini melibatkan 26 siswa kelas empat Sekolah Dasar dari SDN Proklamasi sebagai sampel. Data-data dikumpulkan melalui instrumen kuesioner untuk mengukur variabel motivasi belajar dan hasil tes siswa yang digunakan sebagai variabel untuk menentukan rata-rata pencapaian prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai pentingnya motivasi dalam meningkatkan prestasi belajar IPA siswa, serta memberikan masukan bagi para pendidik untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dengan mempertimbangkan faktor motivasi siswa.

References

Abin Syamsudin. (1996). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Biggs, J. & Tefler, R. (1987). The Process of Learning. Sydney: Prentice-Hall.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Nasution, S. (1987). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Poerwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.

Sadirman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Winkel, W.S. (1997). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2023-04-20