Evaluasi Pembiasaan Solat Dzuhur Berjamaah Di MTS Al- Ikhlas Sindangsari Cikaum

Authors

  • Putri Sri Rahayu Slamet Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Kunir, Subang, Jawa Barat, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/acaxfv83

Keywords:

Sholat Berjamaah, Disiplin Siswa, Evaluasi

Abstract

Evaluasi Pelaksanaan Salat Zuhur Berjamaah di MTs Al Ikhlas Sindangsari, Pelaksanaan salat Zuhur berjamaah di lingkungan sekolah merupakan bagian dari upaya pendidikan karakter untuk meningkatkan kedisiplinan dan keimanan siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program salat Zuhur berjamaah di MTs Al Ikhlas Sindangsari. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Serta  data yang dikumpulkan melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru agama, dan siswa, serta observasi langsung pada kegiatan salat berjamaah. Analisis dilakukan untuk memahami sejauh mana program ini berjalan efektif dan bagaimana persepsi siswa serta guru terhadap pelaksanaannya. Hasil menunjukkan partisipasi siswa mencapai 85%, didukung oleh bimbingan guru dan dukungan orang tua. Tantangan meliputi inkonsistensi siswa dan jadwal padat. Program ini berdampak positif pada kedisiplinan dan kesadaran spiritual siswa. Disarankan peningkatan edukasi, monitoring, dan keterlibatan orang tua untuk efektivitas program.

References

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurniawan, Dedi. (2018). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Shihab, M. Quraish. (2009). Membumikan Al-Qur'an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.

Slamet, Supriyadi. (2016). Manajemen Pendidikan Islam: Teori dan Praktik dalam Konteks Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Suyanto, E. & Susanto, S. (2017). Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Aplikasi dalam Pembelajaran dan Penelitian. Yogyakarta: Lembaga Penerbitan Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim Pendidikan Islam, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. (2014). Pendidikan Agama Islam untuk Membangun Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Wahyuni, Titi. (2015). Peran Salat Berjamaah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 125-136.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sadiqin, M. (2017). Evaluasi Pendidikan Islam: Prinsip, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Hasan, M. (2014). Pendidikan Agama Islam dan Pengembangan Karakter Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamid, A. (2012). Salat Berjamaah: Perspektif Fiqih dan Sosial. Jakarta: Kencana.

Bukhari, M. & Damanhuri, I. (2019). Pengaruh Salat Berjamaah terhadap Disiplin Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 10(3), 145-160.

Abdullah, H. (2015). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Surabaya: Alvabet.

Sofyan, A. & Mustofa, N. (2016). Salat Berjamaah dan Pengaruhnya terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 102-115.

Prasetyo, A. & Yulianti, E. (2018). Strategi Pengelolaan Pendidikan Keagamaan di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Pustaka Insani.

Downloads

Published

2023-04-20