Evaluasi Hasil Belajar Siswa Di SMP Islam Ar-Rahman

Authors

  • Ika Sartika Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Kunir, Subang, Jawa Barat, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/w14f8m19

Keywords:

Evaluasi Pembelajaran, Keberhasilan Siswa, SMP Islam Ar-Rahman

Abstract

 Evaluasi pembelajaran berperan penting dalam mengukur keberhasilan siswa sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini mengkaji proses evaluasi di SMP Islam Ar-Rahman, dengan fokus pada penggunaan metode manual dan digital seperti Quizizz, serta integrasi nilai-nilai agama dalam pembelajaran. Evaluasi dilakukan melalui asesmen formatif dan penilaian aspek kognitif, sikap, dan keterampilan siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun penggunaan teknologi mulai diterapkan, masih ada tantangan seperti keterbatasan teknologi dan kebiasaan menggunakan metode manual. Disarankan agar pendidik lebih memanfaatkan teknologi dan mengembangkan metode evaluasi yang bervariasi untuk mendukung pembentukan generasi berkompetensi dan berkarakter.

References

Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). ANALISIS ANTUSIASME SISWA DALAM EVALUASI BELAJAR MENGGUNAKAN PLATFORM QUIZIZZ. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17

Asria, R., Ramdani, Z., & Rahmadani, A. (2021). Penggunaan Quizizz dalam Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Digital, 7(2), 45-57.

Firani Putri, & Supratman Zakir. (2023). Mengukur Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran: Telaah Evaluasi Formatif Dan Sumatif Dalam Kurikulum Merdeka. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(4), 172–180. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i4.1783

Magdalena, R., Sudirman, N., & Haris, T. (2020). Tujuan Evaluasi dalam Pembelajaran dan Implementasinya. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(3), 78-89.

Mahirah, B. (2017). Evaluasi dalam Pembelajaran: Konsep dan Implementasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Muhammad, A., et al. (n.d.). Evaluasi Pembelajaran dan Manfaatnya dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(4), 98-115.

Phafiandita, R., et al. (2022). Peran Asesmen Formatif dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 33-45.

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Sudirman, N. (2019). Evaluasi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, B. (2021). Pentingnya Evaluasi Formatif dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 5(2), 67-79.

Suttrisno, Nurul Mahruzah Yulia, & Dewi Niswatul Fithriyah. (n.d.). MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU DALAM MELAKSANAKAN EVALUASI PEMBELAJARAN DI ERA MERDEKA BELAJAR. 3(1), 52–60.

Wahyudi, R. (2023). Teknologi dalam Evaluasi Pembelajaran: Tantangan dan Peluang. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 88-102.

Downloads

Published

2023-04-20