Manajemen Rekrutmen Tenaga Pendidik Di Sekolah Albiruni
DOI:
https://doi.org/10.62824/jhedvt51Keywords:
Manajemen, Rekrutmen, Tenaga PendidikAbstract
Tujuan riset ini untuk mengetahui proses rekrutmen dan seleksi, orientasi dan penempatan, pelatihan dan pengembangan, serta penilaian performa pendidik di Sekolah Al Biruni Tegal. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran, jika pengelolaan tenaga pendidik di sebuah lembaga pendidikan tersebut baik, maka akan berdampak pada kualitas pendidikan yang efektif dan efisien. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi/ pengamatan, dan studi dokumen. Jenis yang digunakan adalah data kualitatif, bersumber dari unsur manajeman pendidikan, kepala sekolah, dan tenaga pendidik. Metode penelitian yaitu analisis deskriftif berupa kata-kata dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses rekrutmen tenaga pendidik dilakukan setelah melakukan analisa kebutuhan tenaga pendidik. Adapun standard yang ditetapkan oleh manajemen yang paling utama dalam proses rekrutmen adalah calon tenaga pendidik harus memiliki sikap, kecerdasan, dan keterampilan hidup (lifeskill) yang memadai. Ketiga kompetensi ini akan terus diasah dalam program pelatihan guru.
References
--, S. (2011). Kompetensi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pada Pendidikan Nonformal. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(5), 539. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i5.47
Aliyyah, R. R., Lutfah, S. A., & Lathifah, Z. K. (2017). Pengelolaan Tenaga Pendidik Pada Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 75. https://doi.org/10.30997/dt.v4i2.921
Bachtiar, M. Y. (2016). Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2275
Barkah, H., & Zakiah, Q. Y. (2017). Manajemen Tenaga Pendidik Di Madrasah. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 2(2), 7–15. https://doi.org/10.15575/isema.v2i2.4998
Bayu, B. S. (2020). Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di paud it alhamdulillah yogyakarta. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 34–50.
Harun, A., Nurlisa, S. T., & Maghfi, U. N. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kualitas Tenaga Pendidik di RA. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 187–197. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.10282
Hasnadi. (2019). Perencanaan Sumber Daya Manusia Pendidikan. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(2), 141–148. http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bidayah/article/view/270/178
Ningrum, E. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 9(1). https://doi.org/10.17509/gea.v9i1.1681
Said, H., & Pujiyati, W. (2020). PENGELOLAAN TENAGA PENDIDIK ( GURU ) DI RURAL AREA Rural area dapat diartikan dari 2015 ). Di Indonesia , istilah rural area yang mempunyai kegiatan utama Kabupaten Meskipun Kecamatan Laonti sudah yang berada di Kabupaten Konawe menghubungkan Kecamatan La. 20(1), 37–53.
Tenaga, P. D. A. N., Pendidik, K. K., Kependidikan, T., & Masalah, A. L. B. (2019). KEPENDIDIKAN. 1–7.
Universitas, P., Negeri, I., & Makassar, A. (2020). 338029-Manajemen-Pendidik-Dan-Tenaga-Kependidik-99B4F355. IV(1), 40–51.
Utomo, P. B., Purnomo, M. E., & Nazarudin, M. (2021). Studi Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia Tenaga Pendidik di SD Islam Palembang. Studia Manageria, 3(1), 83–97. https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v3i1.6814
UU RI, N. 20 tentang S. T. 2003. (2003). UU RI Nomor 20 tentang Sisdiknas Tahun 2003. 27–45. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/4445/2926.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.