Evaluasi Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Dalam Program Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A Di TK Al- Kahfi
DOI:
https://doi.org/10.62824/fbe0z292Keywords:
Evaluasi Pembelajaran, Motorik Halus, Anak Usia DiniAbstract
Evaluasi merupakan alat dan metode yang digunakan untuk menilai tingkat keberhasilan program yang telah direncanakan. Kemampuan motorik halus, yang merujuk pada kemampuan siswa menggunakan alat-alat dengan benar, menjadi salah satu fokus penting dalam pendidikan anak usia dini (PAUD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami evaluasi pembelajaran pada anak usia dini dalam program perkembangan motorik halus pada kelompok A di TK Al-Kahfi. Untuk mendapatkan data, dokumentasi, wawancara, dan observasi dianalisis untuk mengevaluasi perencanaan pengembangan motorik halus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dimulai dengan membuat rencana semester tahunan yang sesuai dengan kurikulum. Setiap tema memiliki jaringan tema, bidang pengembangan, tingkat pencapaian perkembangan, indikator, dan alokasi waktu yang ditetapkan untuk program semester. Sistemik, evaluasi pembelajaran dilakukan untuk mengukur keberhasilan program, khususnya dalam mendukung perkembangan motorik halus anak.
References
Agistia, N. A., Danugiri, D., & Hidayat, D. (2021). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 114–127
Antok, Miftachul Hudha, M.Kes. 2011. Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Laboraturium Untuk Menunjang Pelaksanaan Bagi Guru IPA Biologi SMP Muhammadiyag 1 Malang. Malang: Jurnal Dedikasi Universitas Negeri Malang
Astini, B. N., & Nurhasanah, D. (2017). Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1).
Fajriani, K. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Keterampilan Hidup Montessori pada Anak Kelompok A di PAUD Islam Silmi Samarinda. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(1), 1–13.
Faridah, Ismi dan Widayati, Sri. 2014. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menjahit Pada Kelompok A. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Farihin, A., Prahardik, S. E., Dasuki, A., Kusumadewi, R. A., & Anggraeni, P. (2021). Motivasi belajar lansia dalam mengikuti pengajian rutin AHADAN di Majelis Taklim Darussalam Kunir. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(02), 439-446.
Hasibuan, R., & Info, A. (2023). Analisis Pengaruh Media Clay Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Instructional Technology, 4(1), 22–35.
Husna, M., & Mayar, F. (2022). Strategi Guru dalam Pembelajaran Motorik Halus Anak Usia Dini di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 9(1).
Iftitah, Selfi Lailiyatul. (2019). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Pamekasan: Duta Media Publishing.
Jatmiko, A. J., Hadiati, E. H., & Oktavia, M. O. (2020). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanan. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 83-97.
KHAIRONI, Mulianah. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Penggunaan Media Bahan Alam Pada Kelompok B. Jurnal Golden Age, 2020, 4.02: 261-266.
MAGDALENA, Ina; FAUZI, Hadana Nur; PUTRI, Raafiza. Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya. 2020.
Nabila, S., Farihin, A., & Yuliana, Y. (2023). Manajemen Sarana dan Prasarana di TKIT Maulana Yusuf. Al-Abshar: Journal of Islamic Education Management, 2(2), 229-239.
Nurhafizah, Nurhafizah. "Pelatihan pembuatan media pembelajaran anak usia dini menggunakan bahan sisa." Early Childhood: Jurnal Pendidikan 2.2b (2018): 44-53.
PHAFIANDITA, Adisna Nadia, et al. Urgensi evaluasi pembelajaran di kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2022, 3.2: 111-121.
WIRAWAN, Sri Mahendra Satria; SEMBIRING, Helena Ras Ulina. Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Daring. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2021, 11.1: 19-27.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.