Teori Dan Konsep Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Penerapan Dan Konteks Kependidikan Di Era 4.0

Authors

  • Aminudin Aminudin IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia Author
  • Ade Like Rachmawati Author
  • Alisa Qothrun Nada Rahmah IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia Author
  • Fahad Achmad Sadat IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/dkbbfd77

Keywords:

Revolusi Industri 4.0, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Sumber Daya Manusia Kependidikan

Abstract

Proses aktifitas manusia dalam menjalankan tuntutan kebutuhan kehidupan dapat mempengaruhi sistem Pendidikan yang sedang berjalan, Pendidikan harus mampu membekali peserta didik dengan keterampilan mencari, menyimpulkan, menyampaikan serta tata cara menggunakan informasi dan teknologi. Era revolusi Industri 4.0 membawa tuntutan tersendiri bagi dunia Pendidikan, lembaga Pendidikan harus mempersiapkan literasi data, teknologi dan sumber daya manusia. Rumusan masalah dalam artikel adalah bagaimana Pendidikan dan peran guru era revolusi industri 4.0, dengan menggunakan library research. Pendidikan era revolusi industri 4.0 dengan meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia, adaptasi dan pembaharuan dalam komponen Pendidikan, peningkatan kompetensi dan keterampilan pendidik dengan keterlibatan teknologi pada proses pembelajaran. Kurikulum harus mampu melengkapi kemampuan peserta didik yang dapat berkontribusi secara langsung di Masyarakat, mengarah dan membentuk siswa yang siap menghadapi era. Dalam menghadapi hal tersebut, perlunya persiapan yang baik pada bagian Sumber Daya Manusia (SDM) di pendidikan yang diantaranya: kepala sekolah, guru, staf, tenaga pendidikan, peserta didik, orang tua dan masyarakat yang memiliki keterlibatan dalam mengembangkan pendidikan di sekolah melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi mengenai sumber daya manusia dalam organisasi untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien di bidang Kependidikan.

References

Baharun, H. (2016). Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Competitive Advantage Pada Lembaga Pendidikan Islam. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 5(2), 243–262.

Budiyanto, M. A. K., Waluyo, L., & Mokhtar, A. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Pendidikan Dasar di Malang. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 48.

Faustino Cardoso Gomes, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : ANDI, 2003

Farihin, A. (2023). BAB 2 KONSEP DASAR PENDIDIKAN ISLAM: STRATEGI BARU PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL. Manajemen Pendidikan Islam Di Era Digital, 17.

Gottschalk, P. (2005). Strategic Knowledge Management Technology. Hershey PA: Idea Group Publishing.

Hasibuan Malayu. (2014). Managemen Sumber Daya Manusia. Managemen Sumber Daya Manusia, 4, 288.

Hatum, A. (2010). Next Generation Talent Management: Talent Management to Survive Turmoil. London: Palgrave Macmillan.

Ike Kusdyah Rachmawati, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : ANDI, 2008, hlm. 1-2

Laal, M. (2011). Knowledge Management in Higher Education. Procedia Computer Science, 3, 544–549.

Lase, delipiter. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sunderman, 28–43. ANUSIA

Levina, E. Y., Kutuev, R. A., Balakhnina, L. V., Tumarov, K. B., Chudnovskiy, A. D., & Shagiev, В. V. (2016). The Structure of the Managerial System of Higher Education’s Development. International Journal Of Environmental & Science Education, 11(15), 8143–8153.

Sakban, Nurmal, I., & Ridwan, R. bin. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal of Administration and Educational Management, 2(1), 93– 105.

Sofyandi, H. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2023-10-20