Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SDN Kamarung 1 Pagaden Subang

Authors

  • Syafiatun Nabila SMPIT Hidayatul Mubtadiien, Indonesia Author
  • Yuliana Yuliana SMPIT Hidayatul Mubtadiien, Indonesia Author
  • Nur Rizki Yanti SMPIT Hidayatul Mubtadiien, Indonesia Author
  • Anisa Mutiara Insani Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/3s4rz681

Keywords:

Supervisi, Pendidikan, Profesionalisme Guru

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan tentang supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalisme guru di SDN Kamarung 1 Pagaden Subang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dalam mengumpulkan data di lapangan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan yang dilakukan dalam model analisis ini, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalisme guru adalah: Pertama, kepala sekolah sebagai pengawas dalam mengkoordinasikan kegiatan, yaitu dengan mengadakan rapat setiap 1 (satu) bulan sekali untuk membahas isu-isu mengenai pengawasan yang akan dilakukan oleh kepala sekolah. Kedua, kepala sekolah sebagai pengawas dalam melakukan kegiatan konsultasi, yaitu dengan membantu dan menangani masalah guru, baik secara individual maupun kelompok. Ketiga, kepala sekolah sebagai pengawas dalam evaluator kegiatan, yaitu kepala sekolah membantu memilih nilai hasil proses pembelajaran dan membantu memilih metode penilaian dengan memberikan fasilitas bagi siswa. Adapun faktor yang mempengaruhi pengawasan pendidikan di SDN Kamarung 1 Pagaden Subang yaitu lingkungan masyarakat dimana sekolah berada, besarnya sekolah yang menjadi tanggung jawab kepala sekolah, kondisi guru dan karyawan yang tersedia, serta sarana prasarana di sekolah.

References

Amiruddin. (2014). Buku Ajar Supervisi Pendidikan, (Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Iain Sumatra Utara, 2014), h. 2. In Buku Ajar Supervisi Pendidikan, (Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Iain Sumatra Utara, 2014), h. 2.

Athoillah. (2010). Dasar-Dasar Manajemen, (Bandung:Pustaka Setia, 2010), h. 115. Dasar-Dasar Manajemen, (Bandung:Pustaka Setia, 2010), h. 115.

Candra W. (2016). Dasar-Dasar Manajemen Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif Dan Efesien, (medan: perdana publishing, 2016), h. 46. Dasar-Dasar Manajemen Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif Dan Efesien, (Medan: Perdana Publishing, 2016), h. 46.

Farihin, A. (2023). BAB 2 KONSEP DASAR PENDIDIKAN ISLAM: STRATEGI BARU PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL. Manajemen Pendidikan Islam Di Era Digital, 17.

Herabudin. (2009). Administrasi Supervisi Pendidikan , (Bandung: Pustaka Setia, 2009), h. 195. Administrasi Supervisi Pendidikan , (Bandung: Pustaka Setia, 2009), h. 195.

Husaini. (2014). Manajemen: Teori, Praktik Dan Riset Pendidikan, (Jakarta:Bumi Aksara, 2014), H. 488. Manajemen: Teori, Praktik Dan Riset Pendidikan, (Jakarta:Bumi Aksara, 2014), H. 488.

Iskanda, M. (2012). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, (Jakarta: GP Press, , 2012), h. 45. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, (Jakarta: GP Press, , 2012), h. 45.

Iskandar, M. dan. (2009). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, (Jakarta: GP Press, 2009), h. 135. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, (Jakarta: GP Press, 2009), h. 135.

Miles, & Hubberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis in cour Workshop Proceedings.

Rugaiyah. (2011). Profesi Kependidikan, (Bogor: Galia Indonesia, 2011), h. 100. Profesi Kependidikan, (Bogor: Galia Indonesia, 2011), h. 100.

Sahertin. (2010). Konsep Dasar Dan Tehnik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), h. 1. Konsep Dasar Dan Tehnik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), h. 1.

Suyanto. (2021). MenjadiGuruProfesional.Jakarta:Erlangga. MenjadiGuruProfesional.Jakarta:Erlangga.

Downloads

Published

2023-10-20