Peran Kepala Madrasah Dalam Pengawasan Pelaksanaan Kurikulum Di MIN 2 Subang

Authors

  • Devi Sulistiawati Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Kunir, Indonesia Author
  • Alya Rachmayanti Author
  • Ahmad Dasuki Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/8fzz7z31

Keywords:

Kepala Sekolah, Tantangan, Kurikulum

Abstract

Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai kurikulum tujuan isi, dan bahan pembelajaran serta metode yang di gunakan untuk mengarahkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Pelaksanaan kurikulum yang efektif dan efisien merupakan hal yang penting untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan. Kepala madrasah memiliki peran penting dalam pengawasan pelaksanaan kurikulum.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kepala madrasah dalam pengawasan pelaksanaan kurikulum di madrasah.
pemelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode study kasus.subjektif adalah kepala sekolah dan guru madrasah. pengumpulan data di lakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian mennjukan bahwa kepala madrasah mempunyai peranan penting dalam memandu pelaksanaan kurikulum.

References

Baharun, H. (2016). Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Competitive Advantage Pada Lembaga Pendidikan Islam. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 5(2), 243–262.

Charantimath, P. M. (2017). Total Quality Manajemen. India: Pearson.

Farihin, A., Prahardik, S. E., Dasuki, A., Kusumadewi, R. A., & Anggraeni, P. (2021). Motivasi belajar lansia dalam mengikuti pengajian rutin AHADAN di Majelis Taklim Darussalam Kunir. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(02), 439-446.

Gunawan, Heri, (2014), Pendidikan Islam Kajian Teoretis dan Pemikiran Tokoh, Bandung; Remaja Rosda Karya

Gunawan, Heri, (2023), Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta

Hermino, A. (2014). Kepemimpinan Pendidikan di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayat, A., & Machali, I. (2010). Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Bandung: Pustaka Educa.

Irawan. (2019). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jalaluddin. (2015). Teologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kartono, Kartini (1998), Pemimpin dan Kepemimpinan, Apakah Pemimpin Abnorma Itu? Edisi Baru, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kurniadi, D., & Machali, I. (2013). Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Levina, E. Y., Kutuev, R. A., Balakhnina, L. V., Tumarov, K. B., Chudnovskiy, A. D., & Shagiev, В. V. (2016). The Structure of the Managerial System of Higher Education’s Development. International Journal Of Environmental & Science Education, 11(15), 8143–8153.

Listiowaty, E. (2020). Konsep Manajemen Pendidikan Berbasis Islam dalam Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan. Tahdzibi, 5(2), 105–116. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.2.105-116

Maadi, A. S. (2018). Digitalisasi Manajemen Pendidikan Islam dan Ekonomi Syariah di Perguruan Tinggi. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(1). ttps:/doi.org/https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3185

Marimba, A. D. (1991). Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Jakarta: Bumi Aksara.

Matwaya, A. M., & Zahro, A. (2020). Konsep Kecerdasan Spiritual Menurut Danah Zohar Dan Ian Marshall Dan Relevaansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam. In Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Vol. 3, Issue 1)

Nasution, S. W. (2022). Asesment kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135-142.

Tafsir Ayat-ayat Manajemen: Hikmah Idariyah dalam Al-Qur’an. Bandung: Remaja Rosdakarya.

WAHYUDIN, Wahyudin. Optimalisasi peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 2018, 6.2: 249-265.

Downloads

Published

2023-10-30