Peran Kepala Madrasah Dalam Pengawasan Pelaksanaan Kurikulum Di MIN 2 Subang
DOI:
https://doi.org/10.62824/8fzz7z31Keywords:
Kepala Sekolah, Tantangan, KurikulumAbstract
Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai kurikulum tujuan isi, dan bahan pembelajaran serta metode yang di gunakan untuk mengarahkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Pelaksanaan kurikulum yang efektif dan efisien merupakan hal yang penting untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan. Kepala madrasah memiliki peran penting dalam pengawasan pelaksanaan kurikulum.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kepala madrasah dalam pengawasan pelaksanaan kurikulum di madrasah.
pemelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode study kasus.subjektif adalah kepala sekolah dan guru madrasah. pengumpulan data di lakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian mennjukan bahwa kepala madrasah mempunyai peranan penting dalam memandu pelaksanaan kurikulum.
References
Baharun, H. (2016). Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Competitive Advantage Pada Lembaga Pendidikan Islam. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 5(2), 243–262.
Charantimath, P. M. (2017). Total Quality Manajemen. India: Pearson.
Farihin, A., Prahardik, S. E., Dasuki, A., Kusumadewi, R. A., & Anggraeni, P. (2021). Motivasi belajar lansia dalam mengikuti pengajian rutin AHADAN di Majelis Taklim Darussalam Kunir. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(02), 439-446.
Gunawan, Heri, (2014), Pendidikan Islam Kajian Teoretis dan Pemikiran Tokoh, Bandung; Remaja Rosda Karya
Gunawan, Heri, (2023), Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta
Hermino, A. (2014). Kepemimpinan Pendidikan di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hidayat, A., & Machali, I. (2010). Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Bandung: Pustaka Educa.
Irawan. (2019). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jalaluddin. (2015). Teologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kartono, Kartini (1998), Pemimpin dan Kepemimpinan, Apakah Pemimpin Abnorma Itu? Edisi Baru, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Kurniadi, D., & Machali, I. (2013). Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Levina, E. Y., Kutuev, R. A., Balakhnina, L. V., Tumarov, K. B., Chudnovskiy, A. D., & Shagiev, В. V. (2016). The Structure of the Managerial System of Higher Education’s Development. International Journal Of Environmental & Science Education, 11(15), 8143–8153.
Listiowaty, E. (2020). Konsep Manajemen Pendidikan Berbasis Islam dalam Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan. Tahdzibi, 5(2), 105–116. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.5.2.105-116
Maadi, A. S. (2018). Digitalisasi Manajemen Pendidikan Islam dan Ekonomi Syariah di Perguruan Tinggi. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(1). ttps:/doi.org/https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3185
Marimba, A. D. (1991). Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Jakarta: Bumi Aksara.
Matwaya, A. M., & Zahro, A. (2020). Konsep Kecerdasan Spiritual Menurut Danah Zohar Dan Ian Marshall Dan Relevaansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam. In Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Vol. 3, Issue 1)
Nasution, S. W. (2022). Asesment kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135-142.
Tafsir Ayat-ayat Manajemen: Hikmah Idariyah dalam Al-Qur’an. Bandung: Remaja Rosdakarya.
WAHYUDIN, Wahyudin. Optimalisasi peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 2018, 6.2: 249-265.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.