Pengaruh Peran Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Daerah Binaan II Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes

Authors

  • Turaeni Turaeni SDN Ketanggungan 04 Brebes, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/wfx9xd94

Keywords:

Kinerja Guru, Motivasi Kerja, Peran Kepala Sekolah

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis besaran pengaruh peran kepala sekolah dan motovasi kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Daerah Binaan II Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes baik secara parsial maupun ganda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan peran kepala sekolah terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri di Daerah Binaan II Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes, dengan besaran koefisien determinan 0,607 atau (60,7%), 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di Daerah Binaan II Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes, dengan besaran koefisien determinan 0,441 atau (44,1%), 3) Terdapat pengaruh yang signifikan peran kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru sekolah dasar negeri di Daerah Binaan II Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes, dengan besaran koefisien determinan 0,613 atau (61,3%). Oleh karena itu, hendaknya kepala sekolah konsisten dalam melaksanakan perannya sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator, karena terbukti bahwa meningkatkan kinerja guru dibutuhkan pelaksanaan peran kepala sekolah yang tepat dan profesional. Kepala sekolah hendaknya secara berkesinambungan memberi peluang kepada guru untuk terus berprestasi, memberi pengakuan dan penghargaan, serta menyediakan fasilitas kerja yang memadai, dengan harapan motivasi guru dapat lebih baik lagi agar kinerja guru terus meningkat, sehingga berdampak pula pada peningkatan mutu pendidikan..

References

Dekawati. 2011. Manajemen Pengembangan Guru Profesional Bandung: Rizqi Press.

Departemen Pendidikan Nasional 2015. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Hasibuan. 2016. Organisasi & Motivasi, Jakarta: Bumi Aksara.

Isnaini (2015). “Implementasi Rekrutmen Guru di SD Ta’mirul Islam Surakarta”. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12, (1), 109-119.

Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas,

Mulyasa. 2018. Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pujiyati. 2019. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Yogyakarta : K-Media

Setiyati (2014). “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru”. Journal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22, (2), 200-207.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta

Supardi. 2016. Kinerja Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Usman, H (2014). “Peranan dan Fungsi Kepala Sekolah /Madrasah”. Jurnal PTK DIKMEN, 3, (1). 24-37.

Downloads

Published

2023-04-20