Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Di Kec. Kramatmulya Korwil Jalaksana Kab. Kuningan

Authors

  • Rachmat Fadilah SDN Unggulan Kuningan, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/pv7vms58

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Kinerja Guru, Komitmen Organisasi

Abstract

Kinerja guru di sekolah mempunyai peran penting dalam pencapaian tujuan sekolah, kinerja  akan menjadi optimal jika mendapat dukungan dari berbagai faktor, diantaranya adalah kecerdasan mengelola emosi diri dan komitmen terhadap organisasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan komitmen organisasi baik secara parsial maupun bersama-sama (simultan) terhadap kinerja guru SD Negeri di kecamatan Kramatmulya Korwil Jalaksana Kabupaten Kuningan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif, dengan teknik pengumpulan data angket skala Likert, terhadap 68 orang guru SD Negeri di kecamatan Kramatmulya Korwil Jalaksana Kabupaten Kuningan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi. Uji signifikansi menggunakan uji-F dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan emosional  terhadap kinerja guru SD Negeri di kecamatan Kramatmulya Korwil Jalaksana Kabupaten Kuningan, (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan komitmen organisasi terhadap kinerja guru SD Negeri di kecamatan Kramatmulya Korwil Jalaksana Kabupaten Kuningan, dan (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan komitmen organisasi  guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru SD Negeri di kecamatan Kramatmulya Korwil Jalaksana Kabupaten Kuningan. Dengan hal ini, perlu perhatian yang lebih untuk dimensi yang hasil penelitiannya menunjukan lebih rendah dari dimensi lainnya, yaitu dimensi motivasi diri dalam variabel kecerdasan emosional, dimensi continuance commitment dalam variabel komitmen organisasi, dan dimensi penilaian hasil pembelajaran dalam variabel kinerja guru SD Negeri Kec. Kramatmulya Kab. Kuningan..

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Barnawi & Arifin, M. (2013). Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Goleman, Daniel. (2000). Working With Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel. (2002). Emotional Intelligence (terjemahan). Jakata : PT Gramedia Pustaka Utama

Goleman, Daniel. (2005). Kecerdasan Emosi: Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Terjemahan Alex Tri Kantjono. 2005. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Istijanto, (2005). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Rahman et all . (2006). Peran Strategis Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jatinangor: Alqaprint.

Sagala . (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:Alfabeta

Sagala, Syaiful. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasi, Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 edisi 2009 tentang Guru dan Dosen. Bandung: Ciha Umbara

Wibowo . (2014) . Perilaku Dalam Organisasi Edisi 1-2 . Jakarta : Rajawali Pers

Downloads

Published

2023-04-20