Kontribusi Manajemen Berbasis Sekolah Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan
DOI:
https://doi.org/10.62824/t4706z85Keywords:
Kepuasan Kerja, Kompensasi, Manajemen Berbasis SekolahAbstract
Kepuasankerja guru merupakan salah satu aspek penting dalam mewujudkan pembelajaran yang berkualitas. Proses pembelajaran cenderung terlaksana dengan baik manakala dikelola oleh guru yang memperoleh kepuasan dalam kinerjanya. Banyak faktor yang berkontribusi terhadap kepuasan kerja guru, di antaranya manajemen berbasis sekolah dan kompensasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar kontribusi manajemen berbasis sekolah dan kompensasi terhadap kepuasan kerja guru baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert, terhadap 68 orang guru. Pengolahan hasil penelitian menggunakan teknik analisis regresi. Uji signifikansi menggunakan uji t dan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat kontribusi positif dan signifikan manajemen berbasis sekolah terhadap kepuasan kerja guru. (2) Terdapat kontribusi positif dan signifikan kompensasi terhadap kepuasan kerja guru. Terakhir (3) Terdapat kontribusi positif dan sinifikan manajemen berbasis sekolah dan kompensasi secara simultan terhadap kepuasan kerja guru. Saran, Kepala sekolah sebagai figur utama di satuan pendidikan diharapkan untuk senantiasa meningkatkan kapasitas dirinya terkait manajemen sekolah dan mampu memberikan kompensasi baik yang bersifat finansial maupun non-finansial secara memadai bagi seluruh guru untuk terwujudnya motivasi kerja tinggi sehingga terwujud kepuasan kerja di antara mereka.
References
Arikunto (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Barnawi dan Mohammad Arifin. (2014). Kinerja Guru Profesional: Instrumen Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Frankel, Jack R dan Norman E. Wallen. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education. 2nd edition. New York: McGraw hill Inc.
Hasibuan, Malayu. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara
Mulyasa, E. (2005). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah. Bandung: Refika Aditama.
Siagian, S.P. (2013). Manajemen Sumber daya Manusia, Bumi aksara, Jakarta.
Sugiyono. (2010). MetodePenelitianPendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Umar, Husein. (2001). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Veithzal Rivai, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktek, Rajagrafindo persada, Bandung.
Veithzal Rivai. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Edisi ke 6, PT. Raja Grafindo Persada, Depok, 16956.
Veithzal, Rivai. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Wibowo. (2014). Prilaku Dalam Organisasi. Edisi Kedua. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.