Hubungan Antara Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Manajemen Pembelajaran Dengan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar Daerah VI Se-Kelurahan Tanggungan Kabupaten Brebes
DOI:
https://doi.org/10.62824/z9d0ek05Keywords:
Manajemen Pembelajaran, Mutu Pembelajaran, Supervisi Akademik Kepala SekolahAbstract
Dengan memadukan dasar teori, sumber hukum, diterapkan pada realita yang ada peneliti menulis dengan tujuan mengetahui tentang terdapat tidaknya korelasi positif: antara supervisi akademik kepala sekolah dengan mutu pembelajaran,, antara manajemen pembelajaran dengan mutu pembelajaran; dan antara supervisi akademik kepala sekolah dan manajemen pembelajaran secara bersama-sama dengan mutu pembelajaran; serta besaran nilai korelasi antara variabel penelitian tersebut pada Sekolah Dasar Daerah Binaan VI di Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Melalui pendekatan desain expost facto dalam penelitian korelasional, data dikumpulkan melalu angket langsung dan gogle formulir, survei langsung serta wawancara terhadap 69 sampel di sembilan sekolah dasar di wilayah Daerah Binaan VI Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Sampel diambil dari seluruh anggota populasi yang ada. Pengolahan adata melalui program exel dan SPSS 22 untuk analisa regresi, uji signifikasi uji F. Data dianalisa dengan teknik kotelasi product moment, korelasi parsial, serta korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menemukan bahwa respon dari responden yang ada bahwa korelasi yang nyata antara supervisi akademik kepala sekolah, dalam dimensi perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, serta tindak lanjut supervisi berkategori baik. Ditemukan pula adanya korelasi nyata antara manajemen pembelajaran dengan mutu pembelajaran, dalam dimensi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, pengawasan proses pembelajaran, serta pelaporan hasil pembelajaran, Hal tersebut sesuai pendapat Triwiyanto (2015:37) manajemen pembelajaran dilakukan dalam rangka untuk mewujudkan pembelajaran yang bermutu secara sistimatis dan logis sejak mulai perencanan, pelaksanaan, penilaian, pengawasan proses, dan pelaporan hasil pembelajaran, hingga follow up dari pembelajran sehingga mampu mewujudkan mutu pembelajaran secara kompleks yang finalnya meningkatkan mutu pendidikan. Kesimpulan dari pengujian hipotesis penelitian di Sekolah Dasar Daerah Binaan VI Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes yaitu terdapat: (1) korelasi positif antara supervisi akademik kepala sekolah dengan mutu pembelajaran dengan koefisien korelasi 0,725. (2). korelasi positif antara manajemen pembelajaran dengan mutu pembelajaran dengan koefisien korelasi 0,749. (3) korelasi positif antara supervisi akademik kepala sekolah dan manajemen pembelajaran secara simultan dengan mutu pembelajaran dengan koefisien korelasi 0,028.
References
Arifin, F.T dan Rizal.M. (2018). Profesionalitas dan Mutu Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Astuti, S. (2016). Penerapan Supervisi Akademik untuk meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Administrasi Penilaian di SD Laboratorium UKSW. S Scholaria Vol 6. No 1. Januari 2016. 116-126
Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Rineka Cipta.
Hadad,Y.M. (2016). Principal’s Academic Supervision In Improving The Quality of Learning in SMA Negeri 1 Ladongi East Kolaka.
Hadis,A dan Nurhayati. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandug. Alfabeta
Herawati,dkk. (2015). “Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala
Hermawan A. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran Menurut Al Ghozali. Jurnal Qathruna. Vol. 1 (No.1) Periode Januari-Juni 2014
Indrafachrudi, Soekarto. (2006). Bagaimana Memmimpin Sekolah Yang Efektif. Bogor Ghalia Indonesia.
Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan . Volume 3. Tersedia Online di http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/ ISSN Online : 2541-4429.
Kepala Sekolah Terhadap Pendidik di Sekolah Dasar
Management Vol.2. (No.2 Oktober 2017). Hal 167 – 175. ISSN : 2548
Nursam N. (2017). Manajemen Kinerja. Journal of Islamic Education PPTK Badan PSDMPK dan PMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Supervisi Manajerial dan Supervisi Akademik PeningkatanKompetensi Kepala Sekolah Dan Pengawas Sekolah dalam Megelola Implementasi Kurikulum PPTK. Jakarta
Prasojo, Lantip Diat dan Sudiyono. (2011). Supervisi Pendidikan Yogyakarta. Gama Media
Ratnasari,D,dkk. (2018). “Implementasi Teknik Supervisi Akademik
Rukajat Ajat. (2018). Manajemen Pembelajaran. Depublish CV Budi Utama. Yogyakarta
Sagala, H.S. (2012). Supervisi Pembelajaran. Cetakan ke-2. Alfabeta. Bandung.
Sallis, Edward. (2014). Total Qualiti Management In Education Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta. Ircisod
Sekolah pada SMP 1 Lokhnga Kecamatan Lokhnga Kabupaten Aceh Besar”. Jurnal Administrasi Pendidikan Universitas Syahkuala Aceh Besar. ISSN 2302-0156. 59-68
Siregar, Syofiyan. (2013). Statistik Pramatik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta Bumi Aksara
Triwiyanto,T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Cetakan .1. Bumi AksaraJakarta.
untuk Menghadapi Era Digital”.
Wahjosumidjo.(2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta. Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.