Pengaruh Kompetensi Manajerial Dan Pengelolaan Sarana Prasarana Pembelajaran Terhadap Mutu Sekolah Pada SDN Di Gugus Dewi Sartika Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan
DOI:
https://doi.org/10.62824/gnsn8f55Keywords:
Kompetensi Manajerial, Pengelolaan Sarana Prasarana, Mutu SekolahAbstract
Mutu Sekolah merupakan salah satu aspek penting yang dijadikan tolak ukur keberhasilan suatu sekolah. Keberhasilan sekolah cenderung terlaksana dengan baik manakala dikelola oleh kepala sekolah yang memiliki kompetensi manajerial yang baik serta guru-guru yang mampu mengelola sarana prasarana pembelajaran secara optimal. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap mutu sekolah, di antaranya kompetensi manajerial dan pengelolaan sarana prasarana pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh kompetensi manajerial dan pengelolaan sarana prasarana pembelajaran terhadap mutu sekolah baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert, terhadap 68 orang guru. Pengolahan hasil penelitian menggunakan teknik analisis regresi. Uji signifikansi menggunakan uji t dan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi manajerial terhadap mutu sekolah. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pengelolaan sarana prasarana pembelajaran terhadap mutu sekolah. Terakhir (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi manajerial dan pengelolaan sarana prasarana pembelajaran secara simultan terhadap mutu sekolah. peneliti menyampaikan saran dengan harapan dapat dijadikan saran khususnya bagi objek penelitian sebagai langkah perbaikan untuk meningkatkan mutu sekolah melalui kompetensi manajerial kepala sekolah dan pengelolaan sarana prasarana pembelajaran.
References
Abdurrahman, Sambas Ali Muhidin dan Maman. 2007. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian, Bandung: Remaja Rosdakarya
Arikunto, S.2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, edisi revisi, Bumi Aksara, Yogyakarta
Arikunto, S., 2007, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI hal 134, Rineka Apta, Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto,Suharsimi.(2003). ManajemenPenelitian. Jakarta: RinekaCipta
Basri, Hasan. 1985. Kepemimpinanan Kepala Sekolah. Bandung : CV. Pustaka Setia
Depdikbud. 1999. Petunjuk Teknis Kurikulum. Jakarta: Depdikbud
Depdikbud. 2016. Sistem Penjamin Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud
Depdiknas. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia dini. (tidak diterbitkan)
Fatah. 2007. Manajemen Strategik Berbasis Nilai. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Fiedler, Fred. 1992. Leadershipand Effective Management. Terjemahan Nunuk andiarni. Jilid 1 dan 2. Jakarta : Binarupa Aksara
Farnkel, Jack Rdan Norman E. Wallen (1993). How to design and evakuate Research in Education. 2 nd edition. New York : McGraw hill Inc.
George, R, Terry, Leslie W. Rue. 2003. Dasar-Dasar Manejemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Husaini Usman dan Purnomo. 2005. Buku Seri Manajemen: Manajemen Strategi. Jakarta: Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Imron, dkk. 2003. Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang
Indrafachrudi, R. Soekarto, Bagaimana Memimpin Sekolah yang Efektif, Bogor: Ghalia Indonesia, 2006
Jamaluddin. 2008. Metode Penelitian Administrasi Publik (Teori dan Aplikasi), Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Koontz, Cyril O’Donnell, Heinz Weihrich, Harold. 1992. MANAJEMEN Edisi Kedelapan. Jakarta: PENERBIT ERLANGGA
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Jakarta: Depdiknas
Karwati, Donni Juni Priansa. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala. Sekolah Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung : Penerbit Alfabeta. Farlianto.
Mulyasa. 2006. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, Enco. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurhadi., 1983, Administrasi Pendidikan di Sekolah, Yogyakarta: Andi Offset.
Rahman (at all). 2006. Peran Strategis Kapala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jatinangor: Alqaprint
Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Ridwan, N.A. (2007). Landasan Keilmuan Kearifan Lokal. Jurnal Studi Islam dan Budaya. V(3).
Sallis, 2006. Total Quality Management in Education. Jogjakarta:IRCiSoD
Sugiyono.2007. Sattistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta, cv
Sukmadinata, Nana Syaodih, 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya,cet kedua.
Suparno. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta. Rineka Cipta. Sudjana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo. Bandung
Supriadi, 2002, Mengangkat Citra dan Martabat Guru, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa
Syaodih, 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:
PT.Remaja Rosdakarya,cet kedua.
Terry. 1994. Dasar-Dasar Manajemen, (Principles of Management), Terj. G.A. Ticoalu, Bumi Aksara, Jakarta, 2014
Ukas, Maman. 2004. Manajemen. Bandung: Agini
Umar, (2001), Metode Penelitian dan Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Umum
Wahjosumidjo. 1999. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia
Wibowo. (2008). Manajemen Kinerja. Jakarta. Penerbit: Rajagrafindo Persada
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.