Pengaruh Kompetensi Manajerial Dan Pengelolaan Sarana Prasarana Pembelajaran Terhadap Mutu Sekolah Pada SDN Di Gugus Dewi Sartika Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan

Authors

  • Deden Setiawan Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/gnsn8f55

Keywords:

Kompetensi Manajerial, Pengelolaan Sarana Prasarana, Mutu Sekolah

Abstract

Mutu Sekolah merupakan salah satu aspek penting yang dijadikan  tolak ukur keberhasilan suatu sekolah. Keberhasilan sekolah cenderung terlaksana dengan baik manakala dikelola oleh kepala sekolah yang memiliki kompetensi manajerial yang baik serta guru-guru yang mampu mengelola sarana prasarana pembelajaran secara optimal. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap mutu sekolah, di antaranya kompetensi manajerial dan pengelolaan sarana prasarana pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh kompetensi manajerial dan pengelolaan sarana prasarana pembelajaran terhadap mutu sekolah baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert, terhadap 68 orang guru. Pengolahan hasil penelitian menggunakan teknik analisis regresi. Uji signifikansi menggunakan uji t dan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi manajerial terhadap mutu sekolah. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pengelolaan sarana prasarana pembelajaran terhadap mutu sekolah. Terakhir (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi manajerial  dan pengelolaan sarana prasarana pembelajaran secara simultan terhadap mutu sekolah. peneliti menyampaikan saran dengan harapan dapat dijadikan saran khususnya bagi objek penelitian sebagai langkah perbaikan untuk meningkatkan mutu sekolah melalui kompetensi manajerial kepala sekolah dan pengelolaan sarana prasarana pembelajaran.

References

Abdurrahman, Sambas Ali Muhidin dan Maman. 2007. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian, Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, S.2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, edisi revisi, Bumi Aksara, Yogyakarta

Arikunto, S., 2007, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI hal 134, Rineka Apta, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto,Suharsimi.(2003). ManajemenPenelitian. Jakarta: RinekaCipta

Basri, Hasan. 1985. Kepemimpinanan Kepala Sekolah. Bandung : CV. Pustaka Setia

Depdikbud. 1999. Petunjuk Teknis Kurikulum. Jakarta: Depdikbud

Depdikbud. 2016. Sistem Penjamin Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud

Depdiknas. 2009. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia dini. (tidak diterbitkan)

Fatah. 2007. Manajemen Strategik Berbasis Nilai. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Fiedler, Fred. 1992. Leadershipand Effective Management. Terjemahan Nunuk andiarni. Jilid 1 dan 2. Jakarta : Binarupa Aksara

Farnkel, Jack Rdan Norman E. Wallen (1993). How to design and evakuate Research in Education. 2 nd edition. New York : McGraw hill Inc.

George, R, Terry, Leslie W. Rue. 2003. Dasar-Dasar Manejemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Husaini Usman dan Purnomo. 2005. Buku Seri Manajemen: Manajemen Strategi. Jakarta: Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Imron, dkk. 2003. Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang

Indrafachrudi, R. Soekarto, Bagaimana Memimpin Sekolah yang Efektif, Bogor: Ghalia Indonesia, 2006

Jamaluddin. 2008. Metode Penelitian Administrasi Publik (Teori dan Aplikasi), Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Koontz, Cyril O’Donnell, Heinz Weihrich, Harold. 1992. MANAJEMEN Edisi Kedelapan. Jakarta: PENERBIT ERLANGGA

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Jakarta: Depdiknas

Karwati, Donni Juni Priansa. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala. Sekolah Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung : Penerbit Alfabeta. Farlianto.

Mulyasa. 2006. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, Enco. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurhadi., 1983, Administrasi Pendidikan di Sekolah, Yogyakarta: Andi Offset.

Rahman (at all). 2006. Peran Strategis Kapala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jatinangor: Alqaprint

Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Ridwan, N.A. (2007). Landasan Keilmuan Kearifan Lokal. Jurnal Studi Islam dan Budaya. V(3).

Sallis, 2006. Total Quality Management in Education. Jogjakarta:IRCiSoD

Sugiyono.2007. Sattistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta, cv

Sukmadinata, Nana Syaodih, 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya,cet kedua.

Suparno. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta. Rineka Cipta. Sudjana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo. Bandung

Supriadi, 2002, Mengangkat Citra dan Martabat Guru, Yogyakarta: Adicita Karya Nusa

Syaodih, 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:

PT.Remaja Rosdakarya,cet kedua.

Terry. 1994. Dasar-Dasar Manajemen, (Principles of Management), Terj. G.A. Ticoalu, Bumi Aksara, Jakarta, 2014

Ukas, Maman. 2004. Manajemen. Bandung: Agini

Umar, (2001), Metode Penelitian dan Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Umum

Wahjosumidjo. 1999. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Ghalia Indonesia

Wibowo. (2008). Manajemen Kinerja. Jakarta. Penerbit: Rajagrafindo Persada

Downloads

Published

2022-10-26