Manajemen Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Resitasi

Authors

  • Quratal Aeni STAI Darussalam Kunir, Subang, Jawa Barat, Indonesia Author
  • Siti Robiatul Adawiyah UIN Walisongo Semarang, Jawa Tengah, Indonesia Author
  • Huriyah El-Hana STAI Yamisa Soreang Bandung, jawa Barat, indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/qktk7g22

Keywords:

Metode Resitasi, Efektivitas Pembelajaran

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana penerapan metode resitasi digunakan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran; kendala yang dihadapi dalam menerapkan metode pengajian; Upaya dilakukan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran. sumber data dari informan, peristiwa dan dokumen. Teknik pengambilan sampel purposive sampling dan snow ball sampling. Pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data dengan teknik triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis dengan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Metode Pelaksanaan Zikir meliputi: Pemberian tugas dan guru memberikan petunjuk tugas setelah menjelaskan materi. Pelaksanaan tugas guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berusaha mengerjakan tugas sesuai dengan kemampuannya. Akuntabilitas tugas guru dikoreksi sekaligus menilai hasil pekerjaan siswa. Hambatan penerapan metode pengajian: Siswa bosan. Siswa malas mengerjakan tugas. Guru memberi tugas bahasa yang sulit dimengerti. Fasilitas yang dimiliki kurang mendukung pembelajaran dalam mengajar. Upaya yang dilakukan: Guru memberikan tugas dengan jenis tugas yang berbeda-beda. Guru menerapkan prinsip reward and punishment. Guru menjelaskan satu masalah bahasa sederhana. Sekolah mengganti komputer yang tidak layak.

References

Aqib, Z. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Untuk : Guru. Bandung : Yrama Widya..

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Asdi Mahasatya.

Cepti, T. 2009. Prestasi Belajar Siswa. http://tricepti071644042.blogspot.com/-2009/12/prestasi-belajar-siswa.html

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta.

Djamarah, S.B., Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eka Diana, Manajemen Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah Alattifaqiah Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan ilir, (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2012).

Geniofam. 2010. Mengasuh dan Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus. Jogajakarta: Garailmu

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jamaludin. 2002. Pembelajaran yang Efektif; Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Siswa. Jakarta: Proyek Sinkronisasi dan Koordinasi Pembangunan Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

M. Basyiruddin Usman. 2002. Metodelogi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Nasih, Ahmad Munjin.2009. Metode Dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung : Refika Aditama.

Rahayu, K., Yenrika. 2007. Pengaruh Metode Resitasi

Ridwan. 2008. Ketercapaian Prestasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharta dan Suhartanto. Pendidikan Kewarganegaraan SD untuk kelas 6. Penerbit Erlangga.

Sutjihati Somantri. 2006. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama.

Sutrisno Hadi. 2004. Metodologi Research, jilid I. Yogyakarta: Andi Offset).

W.J.S. Poerwadarminta. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Kalam Mulia

W.S. Winkel. 2005. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Yasa, D. Aktifitas dan Prestasi Belajar. 24 Mei 2008.

Downloads

Published

2022-10-30