Implementasi Administrasi Dan Manajamen Pendidikan Kesiswaan Di SMA Al Aulia Bogor

Authors

  • Komarudin Komarudin STAI Al Aulia Bogor, Jawa Barat, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/tezvhq63

Keywords:

Administrasi Pendidikan, Manajemen Pendidikan Kesiswaan, SMA Al Aulia Bogor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi administrasi dan manajemen pendidikan kesiswaan di SMA Al Aulia Bogor. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini berfokus pada bagaimana sistem administrasi dan manajemen pendidikan kesiswaan diterapkan dalam lingkungan sekolah, serta tantangan yang dihadapi dalam proses tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, staf administrasi, dan beberapa siswa, serta observasi langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa administrasi pendidikan kesiswaan di SMA Al Aulia Bogor telah berjalan dengan baik, dengan sistem yang terstruktur dalam hal pencatatan dan pengelolaan data siswa. Manajemen pendidikan kesiswaan juga mencakup perencanaan kegiatan ekstrakurikuler, pengawasan perkembangan siswa, serta penyelenggaraan kegiatan yang mendukung pembentukan karakter. Namun, terdapat beberapa tantangan seperti keterbatasan sumber daya manusia dan fasilitas yang memadai. Sebagai kesimpulan, implementasi administrasi dan manajemen pendidikan kesiswaan di SMA Al Aulia Bogor sudah cukup efektif, meskipun masih membutuhkan perbaikan dan penyesuaian di beberapa aspek untuk mencapai kualitas yang lebih baik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pihak sekolah dan instansi terkait dalam meningkatkan kualitas manajemen pendidikan kesiswaan di masa depan.

References

Barlow, G. L., & Hegarty, M. C. (2019). (Dikutip dalam konteks pernyataan bahwa administrasi yang efektif dalam pendidikan dapat mempercepat pencapaian tujuan pendidikan dan membangun keterampilan sosial siswa ).

Rahim, Y. (2020). (Dikutip dalam konteks pernyataan bahwa keterbatasan sumber daya dalam manajemen pendidikan seringkali menjadi kendala dalam pelaksanaan program pendidikan ).

Suhardi, T. (2018). (Dikutip dalam konteks pernyataan bahwa administrasi pendidikan memiliki peran penting dalam mendukung kelancaran kegiatan belajar mengajar di sekolah ).

Surya, M., & Ningsih, R. (2021). (Dikutip dalam konteks pernyataan bahwa perencanaan kegiatan ekstrakurikuler yang baik dapat berkontribusi pada perkembangan karakter siswa dan meningkatkan kemampuan sosial mereka ).

Suryani, A. (2017). (Dikutip dalam konteks pernyataan bahwa pengelolaan administrasi pendidikan memerlukan keterlibatan semua pihak, mulai dari kepala sekolah hingga staf administrasi dan guru ).

Wibowo, B. (2019). (Dikutip dalam konteks pernyataan bahwa pengawasan yang efektif dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan mengidentifikasi masalah yang mungkin timbul dalam proses pembelajaran

Downloads

Published

2025-10-30