Pengaruh Metode Targhib Wa Tarhib Terhadap Akhlak Siswa Di MTS Persis Sumedang
DOI:
https://doi.org/10.62824/t64kt705Keywords:
Akhlak Siswa, Metode Targhib wa Tarhib, Pendidikan Islam, Pengaruh Pembelajaran, SiswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena akhlak siswa MTs Persis Sumedang yang tergolong baik, dengan tingkat pelanggaran hanya sekitar 5–10%. Kondisi tersebut diduga berkaitan dengan penerapan metode targhib wa tarhib, yaitu metode pendidikan Islam yang memadukan konsep ganjaran dan hukuman juga janji dan ancaman dalam koridor syariat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode targhib wa tarhib pada siswa di MTs Persis Sumedang, gambaran akhlak siswa di MTs Persis Sumedang, serta pengaruh metode targhib wa tarhib terhadap akhlak siswa di MTs Persis Sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi 228 siswa dan sampel 60 siswa (25%). Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, angket, wawancara, dan studi pustaka, kemudian dianalisis menggunakan SPSS versi 27.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode targhib wa tarhib memperoleh hasil hampir setengahnya (38,3%) dengan kategori “Baik”, sedangkan akhlak siswa memperoleh hasil sebagian besar (61,7%) dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara metode targhib wa tarhib terhadap akhlak siswa (p = 0,023; r = 0,293), yang berarti hubungan positif namun lemah. Uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa metode targhib wa tarhib berpengaruh sebesar 5,5% terhadap akhlak siswa, sedangkan 94,5% dipengaruhi faktor lain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode targhib wa tarhib berkontribusi positif terhadap pembentukan akhlak siswa meskipun dalam tingkat yang lemah. Penelitian ini memberikan implikasi bagi penguatan strategi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam di sekolah.
References
Al-Ghazali. (1990). Ihya’ ‘Ulum al-Din. Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Amarullah, R. Q. (2021). Penerapan Metode Targhib Dan Tarhib Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Akhlak Karimah Peserta Didik. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
An-nahlawi, A. (1995). Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyyah wa Asalibuha fi al-Bayt wa al-Madrasah wa al-Mujtama’. Dar al-Fikr.
Muchtar, H. J. (2005). Fikih Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Musbikin. (2021). Konsep Pemikiran Tokoh 3 Ulama, 4 Madzhab, dan 9 Walisongo Pendidikan Islam. Pustaka Pe.
Nur, U. (1997). Ilmu Pendidikan Islam, cetakan ke-10. CV. Pustaka Setia.
Prahara, E. Y. (2015). Metode Targhib Wa Tarhib Dalam Pendidikan Islam. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 13 (1), 157.
Tujuan Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
Rohayah, A. A. (2020). Implementasi Pendidikan Akhlak Melalui Metode Targhîb dan Tarhîb (Studi Kasus Pondok Pesantren Attaqwa Pusat Putri Bekasi). Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta.
Saebani, B. A., & Hamid, A. (2017). Ilmu Akhlak. CV Pustaka Setia.
Shihab, M. Q. (2007). Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat. Mizan.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syafe’i, I. (2015). Tujuan Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6.
Syahidin. (2009). Menelusuri Metode Pendidikan Dalam Al-Qur'an. Alfabeta.
Tafsir, A. (2007). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Qorni Hanifati Dieni, Eka Abdul Hamid, Moch. Hilman Taabudilah, Dedah Ningrum (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
 
						


