Pengaruh Pembelajaran Sistem Blok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X Akuntansi 1 Di MK Negeri 1 Buahdua
DOI:
https://doi.org/10.62824/3keb8f69Keywords:
Pembelajaran Sistem Blok, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini mengeksplorasi dampak penerapan pembelajaran sistem blok terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan PAIBP di jenjang SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sistem blok terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Buahdua. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada siswa kelas X Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Buahdua. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, deskripsi prosentase, dan analisis data statistik menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil sebesar 0,657 mengindikasikan adanya hubungan yang signifikan antara pembelajaran sistem blok dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Nilai sebesar 4,930 dengan taraf signifikasi 0,000 < 0,05, menegaskan pengaruh signifikan pembelajaran sistem blok terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP. Koefisien determinasi () sebesar 43,2% menunjukkan kontribusi yang cukup besar dari pengaruh pembelajaran sistem blok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAIBP kelas X Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Buahdua.
References
Ardiansyah, R. M. (2023). Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 2-3.
Dayaning, F. (2023). Penerapan Sistem Blok dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 205.
Emilia Kurniawati, S. R. (2025). Pendekatan Kuantitatif dengan Penelitian Survei: Studi kasus dan Impilkasinya. Sosial : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 65.
Eva Rosydiah, E. M. (2024). Memahami Strategi dan Mengatasi Tantangan dalam Penelitian Metode Kuantitatif. Journal Syntax Idea, 2789.
Hasan, H. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Dokumentasi Terpusat Pada STMIK Tidore Mandiri. JURASIK (Jurnal Sistem Informasi dan Komputer), Vol 2, No. 1, 23.
Hasanah, H. (2016). Teknik - Teknik Observasi. Jurnal at-Taqaddum, Volume 8, No. 1, 26.
Herwati, M. (2023). Motivasi dalam Pendidikan. Malang: PT Literasi Nusantara Abadi Grup.
Marinu Waruwu, S. N. (2025). Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 918.
Neni Fitriana, D. A. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesia Journal of intellectual Publication, 199.
Putri Adinda Pratiwi, F. M. (2024). Mengungkap Metode Observasi Yang Efektif Menurut Pra - Pengajar EFL. Mutiara: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 134.
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia
Rusydi A. Siroj, W. A. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah Untuk Analisis Data. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Vol 7, No. 3, 11279 - 11280.
Sunendang, A. D. (2024). Pengaruh Sistem Blok Merdeka Belajar Terhadap Minat Belajar. Sumedang: STAI Sebelas April Sumedang.
Utami Pingkan Anggraini, F. F. (2023). Implementasi Pembelajaran Sistem Blok Merdeka Belajar pada SMKN 1 Cilegon. Journal Innovation in Education (INOVED), 95.
Yogi Fernando, P. A. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 62 - 63.
Zhahara Yusra, R. Z. (2021). Pengelolaan LKP Pada Masa Pandemik Covid - 19. Journal Of Lifelong Learning, 2715.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Noviana Denianti, Eka Abdul Hamid, H. Firdaos H. Firdaos (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
 
						


