Pengaruh Pemahaman Qs. Ar-Rum Ayat 30 Terhadap Pembentukan Identitas Diri Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Kelas XI Di SMA Negeri Situraja
DOI:
https://doi.org/10.62824/femq6982Keywords:
Pemahaman QS. Ar-Rum Ayat 30, Pembentukan Identitas Diri Pada Pembelajaran PAIBP, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kepercayaan diri siswa dalam menampilkan identitas keislaman di lingkungan sosial, yang terlihat dari sikap enggan menjalankan praktik keagamaan secara terbuka, merasa canggung mengenakan atribut keislaman, dan kurang antusias dalam kegiatan keagamaan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pemahaman QS. Ar-Rum ayat 30 pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri Situraja, (2) Pembentukan Identitas Diri Siswa Kelas XI di SMA Negeri Situraja, (3) Pengaruh Pemahaman QS. Ar-Rum ayat 30 Terhadap Pembentukan Identitas Diri Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Kelas XI di SMA Negeri Situraja. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 432 siswa dengan sampel 43 siswa (10%). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, angket, dan studi pustaka. Analisis data menggunakan SPSS versi 27.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemahaman QS. Ar-Rum ayat 30 berada pada kategori “Baik” dengan persentase 82%, sebab ada pada interval 68%-84%.; (2) Pembentukan identitas diri siswa berada pada kategori “Baik” dengan persentase 76%, sebab ada pada interval 68% -84%; dan (3) Terdapat pengaruh positif antara pemahaman QS. Ar-Rum ayat 30 terhadap pembentukan identitas diri dengan nilai 2,384 > 1,681, serta koefisien regresi sebesar 0,281. Besarnya pengaruh sebesar 12,2% termasuk dalam kategori “Sangat Lemah” sebab pada interval 0% - 19,99%.
References
Anggraini, (2021). Konsep fitrah dalam Al-Qur'an Surat Ar-Rum Ayat 30 dan relevansinya dengan pendidikan Islam . Skripsi. IAIN Kediri.
Ansani, A., & Samsir, HM (2022). Analisis perilaku sosial siswa berlandaskan perspektif teori Bandura. Jurnal Ilmiah Sosial , 9(1), 45–54.
Hasanah, N. (2020). Penguatan identitas keislaman remaja melalui pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam , 8(1), 45–56.
Hidayat, T. (2018). Psikologi pendidikan Islam: Pembentukan karakter dan identitas . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kaukab, SAYA (2021). Al-Qur'an dalam pemahaman Muslim kontemporer. Jurnal Ilmiah Al-Fath , 7(1), 12–24.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2017). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti . Jakarta: Direktorat Pendidikan Islam.
Kusumawati, R., Abbas, N., & Azizah, A. (2023). Peran keluarga dan teman sebaya dalam membentuk identitas sosial. JSPH: Jurnal Sosial Politik Humaniora , 2(1), 45–54.
Laju Peduli. (2023). Tafsir Al-Qur'an: Metode dan pendekatan dalam memahami ayat suci . Diakses dari https://lajupeduli.or.id
Lestari, D. (2022). Pembentukan identitas diri siswa melalui pendidikan agama Islam di sekolah menengah pertama . Skripsi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Moleong, LJ (2018). Metodologi penelitian kualitatif . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nisa', AK (2024). Pendidikan berbasis fitrah (FBE) dalam QS. Ar-Rum ayat 30 dan relevansinya terhadap pendidikan anak usia dini . Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Nurhidayat, R. (2020). Urgensi pengamalan ilmu dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan dan Dakwah , 10(2), 145–156.
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia
Ridwan, A. (2021). Pengaruh pendidikan agama Islam terhadap kesadaran identitas diri pada remaja muslim. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia , 6(2), 130–142.
Saputri, R. (2023). Peran pendidikan karakter dalam pembentukan identitas diri siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Karakter Islami , 4(1), 56–68.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Syanni, KF (2024). Peran komunikasi keluarga dalam pembentukan identitas sosial anak. Jurnal Lugas , 1(1), 1–10.
Yusup, MRS (2023). Pengaruh pendidikan karakter Islami terhadap akhlak siswa kelas XI di SMK Kehutanan Rimba Bahari Sumedang. Jurnal Pendidikan Islam dan Karakter , 5(1), 78–90.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Afina Husna Amalia, Dindin Saefudin, Moch. Hilman Taabudillah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
 
						


