Pengaruh Sikap Tanggung Jawab Siswa Terhadap Perilaku Disiplin Belajar Kelas XI TKJ 1 Pada Mata Pelajaran PAIBP Di SMKN Situraja

Authors

  • Aprilia Nur Syakina Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author
  • Dindin Saefudin Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author
  • Endang Muslim Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/sahdm840

Keywords:

Sikap Tanggung Jawab, Perilaku, Disiplin, Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini mengenaik pengaruh sikap tanggung jawab siswa terhadap perilaku disiplin belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap tanggung jawab siswa terhadap perilaku disiplin belajar kelas XI TKJ 1 pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMKN Situraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan menggunakan jumlah responden sebanyak 36 siswa sebagai sampel. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan dianalisis menggunakan IBM SPSS. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil menunjukkan sikap tanggung jawab siswa kategori “baik” dengan presentase 80% rentang 69%-84% sedangkan perilaku disiplin belajar kategori “sangat baik” dengan presentase sebesar 82% dengan rentang 81%-100%, dan pengaruh sikap tanggung jawab siswa terhadap perilaku disiplin belajar kategori “sangat baik” dengan presentase sebesar 82% rentang 81%-100% Hasil tersebut menunjukkan bahwa masih terdapat fakot-faktor lain sekitar (18%) yang tidak dijadikan indikator penelitian ini.

References

Ayu Firdaus, Imal Latul Khaira, Aidil Zulfikar, Gusmaneli, (2024), “Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa”, Maximal Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya dan Pendidikan, No. 4, Volume 1 hal 166.

Dra. Rosdiana A. Bakar, M.A., Dr. Afrahul Fadhila Daulai, M.A, (2022), Dasar-Dasar Kpendidikan, Medan: Perdana Publishing, hal. 13

Daradjat, hlm. 28.

Fajar Nugraha, Riga Zahara Nurani, (2021), “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, No. 5, Volume 5 hal 4039.

Hasibuan (2016), Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Hal. 56

Kumparan, (2023), Pengertian Perilau dan Ruang Lingkupnya, http://kumparan.com/pengertian-dan-istilah/pengertian-perilaku-dan-ruang-lingkupnya-20oll2M9VAV/full, diambil pada 9 September 2025.

Nafsan dan Alfurqan, ―Metode Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren‖, (An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 2, 2022), h. 356.

Premita Sari Octa Elviana, Pembentukan Sikap Mandiri dan Tanggung jawab Melalui Penerapan Metode Sosiodrama dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 2023, vol 3

Popi Ulpa Wahyuni, Syafri Ahmad, (2024), “Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Belajar Matematika Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan Tambusai, No. 1, Volume 8 hal. 4434.

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia

Regita Pramesti Harianto, Linda Zakiah, M. Syarif Sumantri, (2024), “Tingkat Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa”, Pendas: Jurnal Ilmiah pendidikan Dasar, No. 2, Volume 9 hal.. 167.

Syofnida Ifrianti, „Implementasi Metode Bermain Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Di Madrasah Ibtidaiyah‟, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2 (2021), 2013–15.

Sukardi, “Metodelogi Penelitian Pendidikan”, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003), 157.

Suharsimi Arikunto, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek”, (Jakarta: Rineaka Cipta, 2010), 27.

Sadirman, (2014), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Hal 32

Serafica Gischa, (2023). Pengertian kedisiplinan menurut para ahli. https://www.kompas.com/skola/read/2023/06/28/130000569/pengertian-kedisiplinan-menurut-ahli dikutip 9 September 2025.

Slameto, (2010), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, hal. 65

Zakky, (2020), Pengertian Belajar Menurut Para Ahli dan Secara Umum, https://www.zonareferensi.com/pengertian-belajar/ diakses 9 September 2025.

Downloads

Published

2025-10-22