Pengaruh Sikap Tawakal Terhadap Perilaku Ikhtiar Pada Mata Pelajaran Paibp Siswa Kelas X PPLG Di SMKN Situraja

Authors

  • Endah Hamdatul Magfiroh Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author
  • Eka Abdul Hamid Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author
  • Ela Hodijah Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/wtht8683

Keywords:

Sikap, Tawakal, Perilaku, Ikhtiar, Pendidikan Agama Islam.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi dengan permasalahan yaitu banyak siswa memiliki sikap tawakal yang rendah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, siswa cenderung kurang percaya diri menghadapi ujian, bersikap pasrah terhadap hasil belajar tanpa usaha yang memadai, menunda tugas dengan alasan menyerahkan semuanya kepada Allah SWT, serta sebagian siswa bergantung pada bantuan orang lain dalam menyelesaikan tugas akademik tanpa upaya serius untuk memahami dan mengerjakan sendiri. Hal ini tentunya akan berdampak pada perilaku ikhtiar siswa yang kurang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Sikap Tawakal terhadap Perilaku Ikhtiar Pada Mata Pelajaran PAIBP  Siswa kelas X PPLG di SMKN Situraja. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan instrumen angket, observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa dari populasi 108 siswa. Analisis data kuantitatif menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap tawakal siswa berada pada kategori sangat baik dengan persentase 87%, dan perilaku ikhtiar berada pada kategori sangat baik dengan persentase 86%. Kemudian hasil koefisien determinasi (r square) sebesar 0,486 berada pada kategori Sedang, jika disajikan dalam bentuk persentase diperoleh besarnya pengaruh sikap tawakal terhadap perilaku ikhtiar sebesar 48,6% dan 51,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Adapun dalam pengujian hipotesis yaitu Sikap Tawakal Berpengaruh Terhadap Perilaku Ikhtiar Pada Mata Pelajaran PAIBP Siswa Kelas X PPLG di SMKN Situraja. Penelitian ini menegaskan pentingnya menanamkan sikap tawakal untuk meningkatkan perilaku ikhtiar siswa dalam kehidupan sehari-hari.

References

Al-Bantani, Nawawi. (2006). Salālimul Fudhalā (Tangga-Tangga Orang Mulia). Indonesia: Pustaka Mampir.

Al-Ghazali, Imam. (2019). Tawakal, Imam Ghazali’s Ihya Ulum-id Din edisi Inggris terjemah Al-Haj Maulana Fazlul-Karim. Bandung: Penerbit Marja.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Faizah, Misbahul dan Syamsul Arifin. (2023). Konsep Tawakal Dalam Al-Qur’an dan Relevansinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Pengetahuan tentang Ilmu dan Hikmah, 10, (2).

Hasyim, Yusuf. (2020). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti MTsS Kelas IX. Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kemenag RI. Jakarta.

Huda, Miftahul. (2023). Kontrol Diri dan Tawakal terhadap Quarter-life Crisis Pada Santri di Pesantren. Journal of Indonesian Psychological Science.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2024). Perilaku. Diakses dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/ pada 9 Oktober 2025.

Katili, Titi, (2018), Revitalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Meningkatkan Sikap Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits, TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6 (2).

Kementerian Agama RI. (2016). Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013.

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Putri, Dian Novita. (2022). Hubungan Tawakal Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa UIN Ar-Raniry. (Skripsi, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Radhiah, Hajjah. (2025). Penanaman Sikap Tawakkal Melalui Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam. 12 (1).

Ramadhany, S. S. (2024). Tawakal dan Stres Akademik: Kajian pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi dan Pendidikan Islam, 9 (1).

Shihab, M. Quraish. (2021). Tafsir Al-Misbah; Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an Volume 2. Jakarta: Lentera Hati.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Umam, K. (2025). Integrasi Nilai Tawakal dan Ikhtiar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Islam, 8 (2).

Downloads

Published

2025-10-22