Pengaruh Pemahaman Q.S Fatir Ayat 32 Terhadap Sikap Antusiasme Dalam Melakukan Kebaikan
DOI:
https://doi.org/10.62824/wjgb1s17Keywords:
Pemahaman; Q.S Fatir Ayat 32, Antusiasme, KebaikanAbstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya kecenderungan siswa dalam bersikap antusiasme yang kurang dalam melakukan kebaikan baik di dalam maupun di luar kelas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: bagaimana pemahaman Q.S Fatir ayat 32, sikap antusiasme dalam melakukan kebaikan, dan pengaruh pemahaman Q.S Fatir ayat 32 terhadap sikap antusiasme dalam melakukan kebaikan pada siswa kelas XI MA Negeri 2 Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman Q.S Fatir ayat 32, sikap antusiasme dalam melakukan kebaikan, dan pengaruh pemahaman Q.S Fatir ayat 32 terhadap sikap antusiasme dalam melakukan kebaikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran angket kepada responden untuk mengetahui hubungan antara variabel yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 90 orang dengan sampel penelitian terdiri dari semua siswa kelas XI di MA Negeri 2 Sumedang. Analisis dalam penelitian ini menggunakan SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman Q.S Fatir ayat 32 siswa di MA Negeri 2 Sumedang memiliki presentase sebesar 77% yang menunjukkan siswa memiliki pemahaman Q.S Fatir ayat 32 yang sedang dalam kehidupannya. Adapun antusiasme dalam melakukan kebaikan siswa memiliki presentase sebesar 79% yang menunjukkan bahwa siswa telah berkembang secara positif. Selanjutnya, terdapat pengaruh antara pemahaman Q.S Fatir ayat 32 dengan antusiasme dalam melakukan kebaikan siswa kelas XI MA Negeri 2 Sumedang dengan kontribusi perubahan sebesar 26%. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara pemahaman Q.S Fatir ayat 32 dengan antusiasme dalam melakukan kebaikan.
References
Afdhal, M. (2015). Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Mengajar Matematis dan Antusiasme Belajar Melalui Persetujuan Mengajar. Jurnal Seminar Universitas Negeri Yogyakarta, 196.
Baehaqi, I. (2020). Metode Perlombaan Dalam Pembelajaran Menurut Perspektif Islam. UHAMKA.
Baharudin, H. (2019). Menghayati Fastabiq al-Khairat. Malasyia: National University.
Cristensen, J. d. (2014). Educational research : Quantitative, Qualitative and Mixed Approaches . Sae Publications, 919.
Hafiz. (2024). Dakwah dalam Perspektif Pendidikan: Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Proses Pembelajaran dan Peran Kecerdasan Buatan dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Rayah Al-Islam, 1143.
Khamdan Sanusi, L. N. (2023). Upaya Meningkatkan Antusias Belajar Peserta Didik Melalui Media Video Based . Kalam Cendikia : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 237.
Marinu Waruwu, S. N. (2025). Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmian Profesi Pendidikan, 920.
Naviyah, A. H. (2021). Tiga Golongan Penghafal Al-qur’an Dalam Surah Fatir Ayat 32 Perspektif Adi Hidayat. Jurnal Studi Al-Qur'an, 137-138.
Noviansyah, A. (2020). OBjek Assesment, Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan. Al-Hikmah, 141.
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia
Sari, L. M. (2018). Evaluasi dalam pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam, 211.
Shihab, Q. (2002). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.
Suciati, T. (2018). Antusiasme Siswa Terhadap Kegiatan Belajar dan Pembelajaran di Kelas Melalui Program Literasi Membaca "Tunggu Aku". Insania, 316-317.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Wahyudi, D. (2017). Konsepsi Al-Qur’an Tentang Hakikat Evaluasi dalam Pendidikan Islam. Hikmah : JOurnal of Islamic Studies, 245.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuli Siti Nur Afifah, Dindin Saefudin, Moch Hilman Taabudilah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
 
						


