Pengaruh Sikap Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Tawakal Pada Mata Pelajaran PAIBP Siswa Kelas X TITL-1 SMK Negeri 1 Sumedang
DOI:
https://doi.org/10.62824/ydymx587Keywords:
Sikap, Pengendalian DiriAbstract
Pengendalian diri disebut mujahadatun nafs yaitu satu sikap yang diajarkan dalam Islam agar manusia mampu menjadi pribadi yang tidak selalu mengedepankan hawa nafsunya dan emosinya dalam menjalani kehidupan. Siswa yang memiliki pengendalian diri yang baik tidak langsung menyalahkan situasi, melainkan memperbaiki diri mereka sendiri dan menerima hasil sebagai bagian dari kehendak Tuhan ketika hasil tidak sesuai harapan. Inilah yang kemudian membangun perilaku tawakal yang sehat dan seimbang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh tidak stabilnya emosi pada siswa, yang menyebabkan masih adanya siswa yang bolos sekolah, suka mengejek teman, mudah mengalami kecemasan, mudah putus asa, emosi yang cenderung meledak-ledak dan melanggar ketertiban. Sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap sikap pengendalian diri pengaruhnya terhadap perilaku tawakal siswa di SMK Negeri 1 Sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional dan populasi dengan subjeknya adalah siswa X TITL-1 SMK Negeri 1 Sumedang. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan Teknik analisis kuantitatif menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap pengendalian diri di SMK Negeri 1 Sumedang mencapai prosentase 79% termasuk kriteria baik. Sementara perilaku tawakal mencapai prosentase 83% termasuk kriteria baik. Hubungan antara sikap pengendalian diri dan perilaku tawakal menunjukan arah hubungan positif (b=0,406) dengan keeratan sedang(r=0,462). Kontribusi pengaruh sebesar 21,4%, sisanya 78,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Pengaruh sikap pengendalian diri terhadap perilaku tawakal pada mata Pelajaran PAIBP siswa kelas X TITL-1 SMK Negeri 1 Sumedang terbukti signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan literatur dan wawasan dibidangnya
References
Anggraini, L, Wardana, L. W, Yulianto, E, & Putra, D. P. (2022). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kualitatif: Studi Kasus pada Aplikasi Gamification. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi, 6494-6500.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, S. A. (2018). pengaruh sikap tawakal terhadap kestabilan emosi siswa madrasah aliyah negeri 1 metro. jurnal at-tajdid, 2.
Danuri, M. S. (2017). Cyber Religius sebagai pengendali prilaku amoral pengguna komputer. Jurnal Ilmiah Infokam, 13.
Huda, M. ( 2023). Kontrol diri dan tawakal terhadap quarter-life. Journal of Indonesian Psychological Science Volume 03, No 1, 284-297.
Iskandar, B. J., & DKK. (2018). sikap tawakal dengan kecemasan menghadapi ujian nasional pada siswa kelas xii madrasah aliyah di kota palembang. Jurnal Psikologi Islami, 17-26.
Lesmana, I. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan . Sukabumi: CV Jejak .
Malihah , Z., & Alfiasari, A. (2018). Perilaku Cyberbullying Pada Remaja Dan Kaitannya Dengan Kontrol Diri Dan Komunikasi Orang Tua. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 11(2) ,145-156.
Ni Made S, & Ni Ketut, S. (2020). Penyimpanganan Perilaku Remaja Di Perkotaan. Kulturistik Jurnal Bahasa dan Budaya, 4(2), 51-59.
Pratiwi, M. W., & Astuti , I. (2020). Analisis Kontrol Diri Siswa Pada Kelas X Smk Negeri 03 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(8), 1-8.
Prawiyogi, A. S. (2021). Penggunaan Metode Observasi Partisipan dalam Penelitian kualitatif jenis studi kasus. Jurnal Penelitian Pendidikan, 449-456.
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia
Ruly. (2018). Pengaruh Kontrol Diri terhadap Perilaku Disiplin Remaja. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 48.
Satria, R. A, & Imam, R. (2024). Penggunaan Skala Likert dalam Penelitian Kuantitatif Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dasar FIP , 5492-5500.
Sekolahloka. (n.d.). Profil SMKN 1 Sumedang, https://sekolahloka.com/data/smkn-1-sumedang/, diambil pada senin 30 Juni 2025 pukul 10.33 WIB. .
Sulistiyowati, W. (2017). Buku Ajar Statistika Dasar. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Taabudilah, M. H., & Sumiati, D. (2021). Analisis Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Al-Mujaddid, 48-61.
Yusra, S. P. (2021). Metode Dokumentasi dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 18-25.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Zaenal Aripin, Dindin Saefudin, Moch. Hilman Taabudilah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
 
						


