Pengaruh Pemahaman Materi Ikhlas Terhadap Perilaku Prososial Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas XI RPL Di SMKN Situraja
DOI:
https://doi.org/10.62824/5jxcdv37Keywords:
Pemahaman, Materi Ikhlas, Perilaku, Prososial, Pendidikan Agama Islam Dan Budi PekertiAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang pemahaman materi ikhlas terhadap perilaku prososial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman materi ikhlas peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI RPL di SMKN Situraja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional atau penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan kuesioner atau angket. Penelitian menggunakan sampel dengan jumlah responden sebanyak 31 orang. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemahaman materi ikhlas pada siswa berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 80%. Untuk perilaku prososial pada siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 87%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh positif dan signifikansi antara pemahaman materi ikhlas terhadap perilaku prososial peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI RPL di SMKN Situraja. Pengaruh pemahaman materi ikhlas terhadap perilaku prososial peserta didik sebesar 43%.
References
Arikunto, Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, hal. 4.
Arikunto, Suharsimi. (2014), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, hal. 102.
Baron, R. A., & Branscombe, N. R. (2012). Social psychology 13th edition. Unites States of America: Pearson Educati.
Baron, R.A. & Bryne, D. (2005). Psikologi Sosial. Jilid Dua. Jakarta. Erlangga.
Dahriani, Adria. (2007). Perilaku Prososial Terhadap Pengguna Jalan Studi Fenomenologis Pada Polisi Lalu Lintas. Semarang: Universitas Diponegoro.
Dayakisni, T. & Hudaniah. (2009). Psikologi Sosial edisi revisi. Malang: UMM Press.
Eisenberg, N., & Mussen, P. H. (1989). The roots of prosocial behavior in children. Cambridge University Press.
Hamka. (2015). Tasawuf Modern. Jakarta: Republika, hal. 147.
Hasiah. (2019). Peranan Ikhlas Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Darul ‘Ilmi vol. 01.
Hidayah. N, DKK. (2023), Konsep Ikhlas Menurut Imam Al-Ghazali Dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Agama Islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, vol. 12.
Jaya, I. (2022). Konsep Perilaku Prososial Menurut Al-Qur’an, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sarwono, S. W. (2002). Psikologi Sosial, Individu dan Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1, ayat (1).
W.J.S, Porwadarminta. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Wulan Maryatul Ulum, Eka Abdul Hamid, Rahman Setia (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
 
						


