Pengaruh Sikap Tabayun Terhadap Ahklak Husnudzon Pada Mata Pelajaran PAIBP

Authors

  • Rizky Fauzi Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author
  • Dian Sukmara Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author
  • Moch Hilman Taabudilah Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/t2crfe55

Keywords:

Sikap Tabayun, Akhlak Husnudzon, PAIBP

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya sikap husnudzon di kalangan siswa yang muncul akibat kurangnya penerapan sikap tabayun dalam menilai serta memahami informasi yang diterima. Tabayun merupakan sikap berhati-hati dalam mencari kebenaran suatu berita sebelum mengambil kesimpulan, sehingga memiliki peran penting dalam membentuk akhlak husnudzon yang mencerminkan kepribadian islami peserta didik. Nilai-nilai tersebut menjadi bagian integral dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP), yang bertujuan menanamkan sikap kritis, jujur, bijak, dan berprasangka baik kepada sesama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh sikap tabayun terhadap akhlak husnudzon siswa kelas XI TPL di SMKN 1 Sumedang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis survei, menggunakan instrumen angket yang disebarkan kepada 72 siswa melalui teknik sampling jenuh. Analisis data dilakukan dengan uji-t, regresi linier sederhana, dan koefisien korelasi untuk mengukur tingkat hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap tabayun memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap akhlak husnudzon dengan nilai t-hitung sebesar 2,134 lebih besar dari t-tabel 1,994 dan nilai signifikansi 0,036 (p < 0,05). Koefisien regresi sebesar 0,838 dengan korelasi 0,780 menunjukkan hubungan yang kuat, sedangkan kontribusi pengaruhnya mencapai 60,8%. Dengan demikian, semakin tinggi sikap tabayun siswa maka semakin baik pula akhlak husnudzon mereka. Dalam konteks pembelajaran PAIBP, guru diharapkan mampu menanamkan nilai tabayun agar terbentuk karakter berakhlak mulia di lingkungan sekolah.

References

Adeoye, M. A. (2024). Mastering the Basics: A Guide to Research Methodology for Effective Writing and Publication. Chalim Journal of Teaching and Learning, 4(1), 30–41. https://doi.org/10.31538/cjotl.v4i1.1345

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Firdaus, Zulfadilla, & Caniago, F. (2020). Research methodology. Taylor & Francis Group, LLC, 2346259(3), 1–155. http://repo.uinsatu.ac.id/18458/1/Dwi Astuti Wahyu Nurhayati_Research Method.pdf

Gentles, S. J., Charles, C., Nicholas, D. B., Ploeg, J., & McKibbon, K. A. (2016). Reviewing the research methods literature: Principles and strategies illustrated by a systematic overview of sampling in qualitative research. Systematic Reviews, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s13643-016-0343-0

Kurniawan, W., & Annisah, S. (2025). Islamic Moral Education and Character Building in the Era of IoT. 5(2), 311–320.

Masri, D., & Warsodirejo, P. P. (2023). The Implementation of the Tabayyun Concept in Learning Islam to Enhance Attitudes of Religious Moderation. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 853–862. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2592

Masyarakat, M., & Gani, M. A. (2015). Pendidikan Akhlak. Jurnal Pendidikan Islam, 6(November), 273–284.

Maulani, D. F., Amelia, F., Fauziyah, H., Rizqy, H., & Hakim, A. (2025). ISLAM PADA MATERI GHIBAH DAN TABAYUN PADA SISWA SISWI KELAS VII SMP NEGERI 2 KARAWANG TIMUR. 2(3), 703–711.

Muhammad Saleh & Wirdatul Jannah. (2024). KOMUNIKASI ISLAMI DALAM REPRESENTASI KELUARGA (Analisis Semiotika pada film Keluarga Cemara). AT-TABAYYUNJournal Islamic Studies, 6(1), 102–113. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/attabayyun/index

Nasoha, A. M. M., Atqiya, A. N., Thohir, H. K., Ramadhani, N. A., & Sabilaa, R. A. (2025). Etika Komunikasi dalam Islam : Analisis terhadap Konsep Tabayyun dalam Media Sosial. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 3(2), 226.

Nurhidayah, Fardiana, A. (2023). Journal of Islamic Education Management. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.62504/jimr991.5.

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Riza, M., Tarpin, T., Noor, M., & ad, M. A. (2020). Implementasi konsep Tabayyun dan literasi informasi pada kasus Pandemi Covid-19. Lembaga Penelitian Dan …, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/36262/

Studi, P., Yunita, Y., & Mujib, A. (2021). Jurnal TAUJIH PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Taujih Jurnal Pendidikan Islam, 14 No.01(Pendidikan karakter dalam perspektif Islam), 78–90.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulhan, S. (2022). Pendidikan akhlak persfektif Ibnu Taimiyah: Analisis Kitab Tazkiyatun Nafs. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(3), 379. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i3.8588

Yatayukti, A. N., Putri, S. A., & Mufidah, N. (2024). Krisis Akhlak Dan Sosial Pada Manusia Modern Saat Masa Remaja Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Qayyimah, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.30863/aqym.v7i1.5867

Zulfiqri, M. (2023). Strengthening Character Education in Student Discipline Through Aqidah Akhlak Learning At Mts . Darussalam Bogor City. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 893–906. https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.5050

Downloads

Published

2025-10-20