Pengaruh Sikap Kontrol Diri Terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas 10 TKJ Pada Mata Pelajaran PAIB Di SMKN 1 Sumedang
DOI:
https://doi.org/10.62824/g1pb0b34Keywords:
Sikap , Kontrol Diri, Perilaku SosialAbstract
Penelitian ini di latar belakangi adanya perilaku sosial siswa ditandai dengan kurangnya empati dan kepedulian antar sesama karena sikap individualisme yang tinggi di kalangan peserta didik, kurangnya kesadaran dalam penggunaan tutur kata yang baik dan sopan saat berbicara, lalu pilih-pilih teman yang dapat mendorong terbentuknya kelompok tertutup yang sulit berbaur dengan peserta didik lain, bullying verbal dibungkus dengan candaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap kontrol diri terhadap perilaku sosial kelas 10 TKJ di SMKN 1 Sumedang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif pendekatan korelasi, dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas 10 TKJ di SMKN 1 Sumedang pada tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 69 orang. Jumlah populasi sama dengan jumlah sampel, maka disebut penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap kontrol diri kelas 10 TKJ di SMKN 1 Sumedang termasuk kategori sangat baik dengan persentase sebesar 87%. Perilaku sosial siswa kelas 10 TKJ di SMKN 1 Sumedang termasuk kategori sangat baik dengan persentase 84%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada sikap kontrol diri terhadap perilaku sosial siswa kelas 10 TKJ di SMKN 1 Sumedang, hal ini dapat dilihat dari hasil, koefisien regresi bertanda positif yaitu 0,623 dengan nilai signifikansi 0,000 lalu terkait dengan pengaruh sikap kontrol diri terhadap perilaku sosial menghasilkan konstribusi rendah sebesar 38,8% sedangkan sisanya 61,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam rangka meningkatkan perilaku sosial siswa.
References
Andi, Aswar, (Januari, 2021), “Efek Kemampuan Kontrol Diri dalam Menekan Perilaku”, Psikologia (Jurnal Psikologi), No. 1, Vol. 6 hal. 5
Hasrul, (2019), “Pengaruh Pemahaman Materi Tentang Mujahadatun Nafs dan Husnuzzan Terhadap Sikap Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru”, (“Skripsi”, UIN Suska Riau), hal. 14
https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6 diakses pada tanggal 5 Juni 2025 pukul 17. 10 WIB
Karimuddin Abdullah, dkk, (2022), Metodologi Penelitian Kuantitatif, Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, hal. 1
Kementerian Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, 2010, hlm. 979.
Mudrajad Kuncoro, (2007), Metode Kuantitatif, Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Muh Irwan Rosyadi, (2019), “Korelasi Antara Persepsi Pengelolaan dan Layanan Pustaka dengan Motivasi Belajar di Digital Library UNY”, Jurnal EPISTEMA, No. 1, hal. 61Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Putry Fera Febry Yanti, (2022), “Pengaruh Budaya Akademik Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik di SDN Kecamatam Pringsewu Selatan”, (“Skripsi”, Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung), hal. 8
Siti, M., Irman. (2023). Konsep Self Control dalam persfektif Al-Qur’an: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, No. 2, Vol. 7 hal. 440
Sugiyono, Metode Penelitian, Bandung: ALFABETA CV, hal 181
Suharsimi Arikunto, (2006), Prosedur Penelitian (Jakarta: Rineka Cipta, hal.134
Weny Rahmida, (2022), “Dampak Self-Control Terhadap Sikap Sosial Siswa di MTsN 1 Kotawaringin Timur,”, (“Skripsi”, IAIN Palangkaraya), hal. 17
Yudrik Jahja, Psikologi Perkembangan, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011), hal.445.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syifa Insani, Dian Sukmara, Moch. Hilman Ta’abudilah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
 
						


