Pengaruh Lingkungan Sosial Sekolah Terhadap Akhlak Bergaul Siswa Kelas X Jurusan Tkro Di SMK Negeri 1 Sumedang
DOI:
https://doi.org/10.62824/ke9wb965Keywords:
Lingkungan, Sekolah, AkhlakAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan munculnya fenomena di SMK Negeri I Sumedang masih ada beberapa permasalah yang berkenaan dengan akhlak bergaul di vakni, beberapa peserta didik masih ada yang tidak malu ketika tidak menjaga lisan, rendahnya rasa toleransi pada saat proses pembelajaran berlangsung dan diluar pembelajaran. Berangkat dari fenomena tersebut, maka tujuan dari penelitian ini ialah: 1) untuk mengetahui lingkungan sosial sekolah siswa kelas X jurusan TKRO di SMK Negeri 1 Sumedang. 2) untuk mengetahui akhlak bergaul siswa kelas X jurusan TKRO di SMK Negeri I Sumedang. 3) untuk mengetahui adakah pengaruh lingkungan sosial sekolah terhadap akhlak bergaul siswa kelas X jurusan TKRO di SMK Negeri 1 Sumedang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan TKRO berjumlah 105 siswa, sampel 35% (36) siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui prosentase dan statistik. Berdasarkan hasil analisis deskripsi menunjukan bahwa lingkungan sosial sekolah termasuk sangat baik, dengan prosentase yaitu 89% dan akhlak bergaul siswa termasuk sangat baik, dengan prosentase yaitu 91%. Lingkungan sosial sekolah pada akhlak bergaul siswa memiliki hubungan searah (B= 835), tingkat keeratan yang sedang (r 0,746), lingkungan sosial sekolah berkontribusi terhadap akhlak bergaul siswa sebesar 55,6% dengan kriteria cukup baik, selanjutnya hasil pengujian hipotesis (uji-t), menunjukan bahwa hipotesis (H) diterima, artinya lingkungan sosial sekolah berpengaruh terhadap akhlak bergaul siswa kelas X jurusan TKRO di SMK Negeri 1 Sumedang.
References
Abdussamad Zuchri, Metode Penelitian Kualitatif, Indonesia : CV Syakir Media ress,2021 hal 150
Asih Mardati dkk, (2021), Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar), Yogyakarta : UAD Press,hal 262
Hermien Nugraheni, Irmanita Wiradona, Tri Wiyatini, (2018), Kesehatan Masyarakat Dalam Determinan Sosial Budaya, Yogyakarta: CV Budi Utama, hal. 86.
Iskandar. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press. Javanlabs, "Surat Az-Zariyat Ayat 56-Tafsir.com", https://tafsir.com, diambil tanggal 4 Juni 2023, pukul 18.00 WIB.
Pemerinah Indonesia, (1997), Undang – undang (UU) Nomor 2, enang Pengelolaan Lingkungan Hidup, Jakarta No 68
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sugiyono,(2010), Metode Peneliian Pendidikan (Pendekatan Kuaniaif Kualitatif dan R & D), Bandung: Penerbit Alfabet, hal 96
Suharsimi Akumto,(2019), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Penelitian,Jakarta : Rineka Cipta, hal 4
Walgito, W. (1999). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Off Set. Wikipedia Bahasa Indonesia, ensikklopedia bebas, "regresi linier sederhana" https://id.wikipedia.org/wiki/regresiliniersederhana. diambil tanggal 8 juni 2023. pukul 13.00 WIB.
Yansyah, Yudi. "mimbar dakwah sesi 108: pentingnya menjaga lisan menurut al- qur'an dan hadist”, dalam https://jabar.kemenag.go.id, diambil 6 Juni 2023, pukul 12.00 WIB.
Zubaedi. (2017). Pendidikan Berbasis Masyarakat, Upaya Menawarkan Solusi Terhadap Berbagai Problem Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rifa Rahmatul Karimah, Asep Ganjar Sukarelawan, Lili Sadeli (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
 
						


