Pengaruh Pemahaman Surat At-Taubah Ayat 105 Terhadap Perilaku Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti (PAIBP) Di SMK Terpadu Thursina
DOI:
https://doi.org/10.62824/3619gj21Keywords:
Pemahaman Al-Qur’an, Surat At-Taubah Ayat 105, Perilaku Sosial, Pendidikan Agama Islam, etikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman Surat At-Taubah ayat 105 terhadap perilaku sosial siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) di SMK Terpadu Thursina. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena perilaku sosial siswa yang belum sepenuhnya mencerminkan nilai-nilai Islam meskipun mereka telah memperoleh pembelajaran agama di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan observasi terhadap 42 siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap Surat At-Taubah ayat 105 termasuk kategori sangat baik dengan persentase 94%, sementara perilaku sosial siswa juga termasuk sangat baik dengan persentase 92%. Hasil uji korelasi Spearman Rank menunjukkan nilai r = 0,827 dan ρ² = 0,684 yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemahaman Surat At-Taubah ayat 105 terhadap perilaku sosial siswa. Dengan demikian, semakin tinggi pemahaman siswa terhadap kandungan ayat tersebut, semakin baik pula perilaku sosial mereka.
References
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan karakter melalui pendidikan agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.
Al-Maraghi, A. (1946). Tafsir Al-Maraghi. Mesir: Al-Babi Al-Halabi.
Aprilia, S., et al. (2023, Januari). Peran pendidikan sekolah menengah kejuruan dalam memposisikan lulusan siswanya mencari pekerjaan. Jurnal Pendidikan, 14(1).
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Capaian pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti fase A–fase F.
Dini, N., et al. (2020, Juni). Analisis pemahaman kognitif matematika materi sudut menggunakan video pembelajaran matematika sistem daring di kelas IV B SDN Pintukisi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1).
Hurlock, E. B. (1999). Perkembangan anak (Jilid 2). Jakarta: Erlangga.
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi penelitian: Konsep, strategi, dan aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia
Quraish Shihab, M. (2006). Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, R. M. (2023). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(4).
Wahyudin, & Fathurrman. (2023). Pendidikan agama Islam dan budi pekerti untuk SMA/SMK. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Yuyu, K., et al. (2022, Juni). Degradasi fungsi-fungsi pendidikan dalam pewarisan dan perubahan nilai-nilai sosial dan budaya. Tanzhimuna, 2(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Iwan Muhamad Farid, Asep Ganjar Sukarelawan , Lili Sadeli (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
 
						


