Pengaruh Sikap Qana’ah Terhadap Perilaku Hidup Sederhana Pada Mata Pelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.62824/zxexgq35Keywords:
Sikap Qana’ah, Perilaku Hidup Sederhana, PAIAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena gaya hidup konsumtif dan hedonis yang semakin marak di kalangan remaja, khususnya siswa kelas 11 SMKN 1 Buahdua. Gaya hidup tersebut ditandai dengan kecenderungan membeli barang-barang mewah dan mengikuti tren tanpa mempertimbangkan kebutuhan yang sebenarnya. Tekanan sosial dan pengaruh media sosial menjadi faktor utama yang mendorong perilaku tersebut, sehingga siswa lebih mementingkan citra diri di hadapan teman-teman daripada tanggung jawab akademik dan pengelolaan keuangan yang bijak. Rumusan masalah yang diajukan penulis dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh sikap qana’ah terhadap perilaku hidup sederhana pada mata pelajaran PAIBP siswa kelas XI AK 1 SMKN 1 Buahdua. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap qana’ah terhadap perilaku hidup sederhana pada mata pelajaran PAIBP siswa kelas XI AK 1 SMKN 1 Buahdua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI AK 1 SMKN 1 Buahdua pada tahun pelajaran 2024/2025 dengan jumlah populasi seluruh siswa kelas XI AK 1, peneliti mengambil sampel sebanyak 34 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sikap qana’ah Siswa Kelas XI AK 1 SMKN 1 Buahdua mencapai prosentase 74,7% termasuk kriteria sangat baik, sementara perilaku hidup sederhana mencapai prosentase 73% termasuk kriteria baik. Pengaruh sikap qana’ah terhadap prilaku hidup sederhana menunjukan keeratan hubungan yang sangat lemah (r=0,421), dengan kontribusi sebesar 17,7% (r²=0,177%). Pengaruh sikap qana’ah terhadap perilaku hidup sederhana terbukti signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan literatur dan wawasan di bidangnya.
References
Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi IV. Jakarta: Penebit Rineka Cipta.
Hamka, Tasawuf Modern, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1984.
Jurnal Riset Agama (JRA) oleh Mauli Saimona dkk. (2022)
Jurnal, Rahma, Dvinka Alfu. “Pengaruh Qana’ah Terhadap Gaya Hidup Remaja: Studi Kasus Kuantatif Kepada siswa Kelas 11 SMA Negeri 1 Baleendah.”
Prof Dr Sugiono (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods), Bandung: Alfabeta.him 81
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi penelitian: Konsep, strategi, dan aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia
Sinar Lestari, "Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Murid SD Negeri Bontomanai Unggulan Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa", (Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar, 2018), him 1
Sugiyono (2009) hal. 115
Sugiyono (2013). Hal 216
Sugiyono, (2013), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta, Hal. 14.
Sugiyono, 2022. M4etode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, Hal. 125.
Taabudillah, Hilman. 2024. Pengantar Pendidikan Agama Islam. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. Jambi. Hal. 1
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Puri Rinjani, Asep Ganjar Sukarelawan, Moch Hilman Taabudillah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
 
						


