Pengaruh Pembelajaran Interaktif Terhadap Sikap Percaya Diri Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti  Di Kelas X-O1 SMK Pemuda Sumedang

Authors

  • Akbar Agung Gumelar Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author
  • Asep Ganjar Sukarelawan Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author
  • Moch Hilman Taabudillah Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/2y3bss34

Keywords:

Pembelajaran Interaktif, Sikap, Percaya Diri

Abstract

Pembelajaran interaktif merupakan pembelajaran yang menekankan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar, shingga meningkatkan. Siswa yang melaksanakan pembelaran interaktif akan memiliki sikap percaya diri. Ketika pembelajaran berlangsung siswa akan berani bertanya, mengemukakan pendapat, memutuskan hasil diskusi. Penelitian ini di latar belakangi dengan siswa yang tidak berani bertanya, tidak berani berpendapat, serta tidak berani memutuskan sesuatu karena kurangnya sikap percaya diri. Sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian terhadap pembelajaran interaktif di SMK Pemuda Sumedang. Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembelajaran interaktif pada siswa pada mata pelajaran PAIBP Kelas XO1 di SMK Pemuda Sumedang, 2) Bagaimana sikap percaya diri siswa pada mata pelajaran PAIBP Kelas X-O1 di SMK Pemuda Sumedang, 3) Bagaimana pengaruh pembelajaran interaktif siswa terhadap sikap percaya diri siswa pada mata pelajaran PAIBP Kelas X-O1 di SMK Pemuda Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran interaktif terhadap sikap percaya diri siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di kelas X-O1 SMK Pemuda Sumedang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-O1 di SMK pemuda sumedang dengan jumlah sample 35 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional dan populasi dengan subjeknya adalah siswa X-O1 SMK Pemuda Sumedang. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan teknikanalisis kuantitatif menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata sekor angket variabel pembelajaran interaktif sebesar 89,5 dan variabel sikap percaya diri sebesar 90,7 kontribusi pengaruh sebesar 18,2% sisanya 81,8% dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Andi Ibrahim, Asrul Haq, dkk. Metodologi Penelitian. Makasar: Gunadarma Ilmus (2018), hlm. 77

Dewantara, K.H. (2004). Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka dalam Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa. hlm. 14.

Lauster, Peter, (1997), Psikologi Kepribadian, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, Hal.103.

Moch Hilman Taabudillah (2024), Pengantar Pendidikan Agama Islam, Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, Hal. 1.

Prof Dr Sugiono (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods), Bandung: Alfabeta.him 81

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi penelitian: Konsep, strategi, dan aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia

Sekolah.data.kemendikbud.go.id “Profil SMK Pemuda Sumedag” https://depo.dikdasmen.go.id (Rabu, 25 Juni 2025)

Sudjana, Nana. (2005). Strategi Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo, hal.61.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta, CV, Hal 14.

Sugiyono, (2021), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, hal. 167

Downloads

Published

2025-10-20