Pengaruh Konsistensi Diri Terhadap Disiplin Belajar    Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Kelas X TO 2 SMK Negeri Situraja

Authors

  • Anisa Febrianti Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author
  • Dindin Saefudin Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author
  • Moch. Hilman Ta’abudillah Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/b2bkhj32

Keywords:

Konsistensi Diri, Disiplin Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini mengenai pengaruh konsistensi diri terhadap disiplin belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konsistensi diri terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X TO 2 SMK Negeri Situraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini mengunakan sampel dengan jumah responden sebanyak 34 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Konsistensi Diri Siswa Kelas kelas X TO 2 SMK Negeri Situraja mencapai prosentase 85% termasuk kriteria sangat baik, sementara Disiplin Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mencapai prosentase 83% termasuk kriteria baik. Pengaruh Konsistensi Diri terhadap Disiplin Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menunjukan keeratan hubungan sedang (r=0,591), dengan kontribusi sebesar 34,9% (r2=34,9%). Pengaruh Konsistensi Diri terhadap Disiplin Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 34,9%.

References

Rizca Fitria “Sikap Belajar Peserta Didik” https://rizcafitria.wordpress.com/2011/04/30/sikap-belajar-peserta-didik/, diambil tanggal 5 Mei 2025 pukul 10.14 WIB

Ryan, “Kunci Sukses: Menjaga Konsistensi dalam Segala Hal” dalam https://ilmukomunikasi.uma.ac.id/2024/04/16/kunci-sukses/ diakses pada tanggal 20 April 2025 pukul 21.15 wib

Irawati Azis Pengaruh Kemampuan Mengelola Diri Terhadap Kedisiplinan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Viii Smp Ddi Al-Irsyad Makassar 2015

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Leonard, Sitta Khomsatun Supriyati (2011)”Peran Belajar Matematika Terhadap Konsistensi Diri Siswa” Jurnal Formatif 1(2): 153-161. Hal, 3.

Noviatri Indah Puspita Sari, (2020) Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS Sma Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. Universitas Jambi, Hal 22

Prof. Dr. Singgih D. Gunarsa https://www.kabarpendidikan.id/2022/06 /tipsmembangunkonsistensibelajarhtml#:~:text=Nah%20itu%20dia%20tips%20supaya% 20bisa%20lebih,belajarmu %20da20jadikan%20belajar%20sebagai%20rutinitasmu%20ya diakses pada tanggal 10 april 2025

Downloads

Published

2025-10-19