Pengaruh Sikap Husnudzon Terhadap Pergaulan Teman Sebaya Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Kelas X SMK Industri Logam Situraja Sumedang

Authors

  • Selina Karentina Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author
  • Asep Ganjar Sukarelawan Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author
  • Sutarti Sutarti Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/mxjec158

Keywords:

Sikap Husnudzon, Pergaulan Teman Sebaya

Abstract

Penelitian ini mengenai pengaruh sikap husnudzon terhadap pergaulan teman sebaya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkapkan pengaruh sikap husnudzon terhadap teman sebaya dalam pergaulan pada mata pelajaran PAIBP siswa kelas X SMK Industri Logam Situraja Sumedang.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, sampel penelitian adalah 56 orang. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS Versi 25 dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat,Sikap Husnudzon termasuk ke dalam kategori Baik dengan presentase 81%. Pergaulan Teman Sebaya termasuk ke dalam kategori Baik dengan presentase 83%. Selanjutnya hubungan antara Sikap Husnudzon (Variabel X) dan Pergaulan Teman Sebaya (Variabel Y) menunjukan adanya hubungan searah (B-702). Hubungan yang signifikan (sig-0,00), hubungan yang kuat (r-518), terdapat hubungan yang signifikan pada taraf 0,5 antara Sikap Husnudzon terhadap teman sebaya dalam pergaulan Siswa Kelas X di SMKS Industri Logam Situraja sebesar 52%. Berdasarkan nilai koefisien regresi (B = 702) dapat dinyatakan bahwa Sikap Husnudzon berpengaruh positif terhadap Pergaulan teman sebaya.

References

Abu Ahmadi. (2005). Psikologi sosial. Rineka Cipta.

Adi Abdilah, & Shuniyya Ruhama. (2015). Dahsyatnya berbaik sangka. Qudsi Media.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian. Rineka Cipta

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Dalimunthe, S. S. (2018). Filsafat pendidikan Islam: Sebuah bangunan ilmu Islamic studies. Deepublish.

Irawan, P. (2014). Kaidah dasar ilmu pengetahuan dan penelitian. Buku Materi Pokok (PMB). Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4326/1/ISIP4216-M1.pdf.

Nurung, S. (2018). Penggunaan metode pembelajaran pengembangan interpersonal intelligence guna meningkatkan perilaku husnuzhan dalam pelajaran pendidikan agama Islam pada siswa kelas X–1 SMA Muhammadiyah Tanah Grogot. Jurnal Mitra Guru, 857-867.

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi penelitian: Konsep, strategi, dan aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia

Riduwan. (2010). Metode dan teknik tesis. Bandung.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan remaja (11th ed., Vol. 2, S. D. Adelar & S. Saragy, Trans.). Erlangga.

Santrock, J. W. (2018). Adolescence (17th ed.). McGraw-Hill.

Sari, D. P., et al. (2021). Pengaruh positive thinking terhadap konflik antar teman sekolah. Journal of Educational Psychology, 112-125.

Seligman, M. E. P. (2006). Learned optimism: How to change your mind and your life. Vintage.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (2nd ed., 3rd printing). Alfabeta.

Wijayanta, W. (2018, September 14). Hakekat manusia dalam pandangan dari http://yayanmafiozo35.blogspot.com.

Downloads

Published

2025-10-19