Pengaruh Metode Pendidikan Dalam Keluarga Terhadap Sikap Keagamaan Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Jatinunggal
DOI:
https://doi.org/10.62824/geyyn506Keywords:
Pendidikan Keluarga, Metode Pendidikan, Sikap Keagamaan, SiswaAbstract
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih ditemukannya sikap keagamaan siswa kelas VII di SMPN 1 Jatinunggal yang kurang sesuai harapan, seperti rendahnya kedisiplinan dalam ibadah, kurangnya sikap sopan terhadap guru, serta minimnya partisipasi dalam kegiatan keagamaan sekolah. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini dirumuskan ke dalam tiga pertanyaan utama, yaitu: (1) bagaimana penerapan metode pendidikan dalam keluarga siswa kelas VII, (2) bagaimana tingkat sikap keagamaan siswa kelas VII, dan (3) apakah terdapat pengaruh metode pendidikan dalam keluarga terhadap sikap keagamaan siswa kelas VII di SMPN 1 Jatinunggal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode pendidikan dalam keluarga, mendeskripsikan tingkat sikap keagamaan siswa, serta menganalisis pengaruh metode pendidikan keluarga terhadap sikap keagamaan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan dokumentasi, dengan jumlah sampel sebanyak 25 siswa yang dipilih menggunakan teknik sampling. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode pendidikan dalam keluarga siswa kelas VII SMPN 1 Jatinunggal berada pada kategori baik dengan persentase 83,15%; (2) tingkat sikap keagamaan siswa berada pada kategori baik dengan persentase 84,85%; dan (3) terdapat pengaruh signifikan metode pendidikan dalam keluarga terhadap sikap keagamaan siswa sebesar 36,6% dengan nilai t_hitung 2,227 lebih besar daripada t_tabel 2,069. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendidikan dalam keluarga memiliki kontribusi yang nyata dalam pembentukan sikap keagamaan siswa.
References
Affah Mumtaza. (2018). Pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Semarang [Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo].
Anam, S. (2018). Konsep pendidikan Islam perspektif Sayyid Quthb. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 78–88.
Anam, S. (2018). Pendidikan pesantren sebagai model yang ideal dalam pendidikan Islam. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8(1), 1–12.
Daradjat, Z. (2017). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Field, A. (2018). Discovering statistics using IBM SPSS statistics (5th ed.). SAGE Publications.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate data analysis (8th ed.). Cengage Learning.
Hanifah, L., & Siti, R. (2020). Pengaruh metode pembelajaran dan metode pendidikan keluarga terhadap sikap keagamaan siswa di SMA Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 45–58.
Hill, P. C., & Pargament, K. I. (2008). Advances in the conceptualization and measurement of religion and spirituality: Implications for physical and mental health research. Psychology of Religion and Spirituality, 1(S), 3–17. https://doi.org/10.1037/1941-1022.S.1.3
Misbahudin, & Hasan, M. (2020). Pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap perilaku keagamaan remaja. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 145–160.
Musriha, S. (2018). Pengaruh metode pendidikan dalam keluarga terhadap sikap keagamaan siswa SD Negeri di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 123–136.
Nieuwoudt, J. E., & Pretorius, E. (2012). The role of parental guidance in the spiritual and moral development of the adolescent. Journal of Family Ecology and Consumer Sciences, 40(1), 10–20.
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi penelitian: Konsep, strategi, dan aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia
Rahmawati, D., & Efendi, S. (2017). Pengaruh metode pendidikan keluarga terhadap sikap keagamaan siswa di SMP Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 145–158.
Saroglou, V., Pichon, I., Trompette, L., Verschueren, M., & Dernelle, R. (2005). Prosocial behavior and religion: New evidence based on projective measures and peer ratings. Journal for the Scientific Study of Religion, 44(3), 323–348. https://doi.org/10.1111/j.1468-5906.2005.00289.x
Wulandari, R. (2019). Peran orang tua dalam pembentukan sikap keagamaan remaja. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 145–160.
Zainuddin, M., & Rachmawati, F. (2021). Family education and religious attitudes among adolescents: A quantitative analysis. International Journal of Islamic Educational Studies, 9(1), 55–68.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syifa Ziaulhaq Fuadi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
 
						


