Pengaruh Sikap Tawadhu Terhadap Adab Kepada Guru Mata Pelajaran PAI

Authors

  • Nuraini Winda Hamidah Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author
  • Dindin Saefudin Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author
  • Moch Hilman Taabudillah Sekolah Tinggi agama Islam Sebelas April Sumedang, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/33kfy725

Keywords:

Sikap tawadhu, adab kepada guru, PAI

Abstract

Studi ini dilatar belakangi oleh fenomena siswa yang menunjukkan perilaku kurang baik terhadap guru maupun lingkungan pertemanan, khususnya dalam aspek komunikasi, tingkah laku, dan sikap. Hal tersebut tampak pada sikap sopan santun dan kejujuran siswa kepada guru, seperti berbicara sendiri saat guru menjelaskan, mencontek ketika diberi tugas, tidak mengikuti salat berjamaah, serta menganggap guru sama seperti teman sebaya. Permasalahan dalam studi ini adalah bagaimana pengaruh sikap tawadhu terhadap adab kepada guru pada mata pelajaran PAI siswa kelas X TPL 2 SMKN 1 Sumedang. Tujuan studi ini yaitu untuk mengetahui pengaruh sikap tawadhu terhadap adab kepada guru pada mata pelajaran PAI siswa kelas X TPL 2 SMKN 1 Sumedang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan sampel berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang dipakai meliputi observasi, angket dan dokumentasi. Adapun analisis data kuantitatif menggunakan aplikasi SPSS V. 25. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa Sikap tawadhu Siswa Kelas X TPL 2 SMK Negeri 1 Sumedang mencapai prosentase 84% termasuk kriteria sangat baik, sementara Adab Kepada guru mencapai prosentase 88% termasuk kriteria sangat baik. Pengaruh sikap tawadhu terhadap adab kepada guru menunjukan keeratan hubungan yang sangat kuat (r=0,839), dengan kontribusi sebesar 70,4% (r2=70,4%). Pengaruh sikap tawadhu terhadap adab kepada guru terbukti signifikan. Dengan adanya studi ini, diharapkan dapat memberikan sumbangan dalam pengembangan literatur serta memperluas wawasan di bidangnya.

References

Abdullah Nashih Ulwan, Tarbiyatul Aulad Fil Islam, diterjemahkan oleh Emiel Ahmad, dengan judul, Pendidikan Anak dalam Islam, (Jakarta: Khatulistiwa Press, 2013).

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi IV. Jakarta: Penebit Rineka Cipta.

Hamida, Nurul. 2022. Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Pabp Di Smp Negeri 3 Sungayang. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.

Husni, Dkk. 2023. Adab Murid Terhadap Guru Menurut Imam Nawawi Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim. Addabana: Jurnal Pendidikan Agama Islam P-Issn:2654-4849, E-Issn: 2620-6129 Vol. 6 No. 2. H 139.

M. Yatimin Abdullah, Studi Akhlak Dalam Perspektif Al-Qur’an (Jakarta: Amzah, 2007).

Prof Dr Sugiono (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods), Bandung: Alfabeta.

Rusdi, Ajaibnya Tawadhu Dan Istiqamah. Yogyakarta: , 2013.

Sekolahloka, “Smkn 1 Sumedang“, Https://Sekolahloka.Com/Data/Smkn 1 Sumedang/, Diambil Tanggal 01 Juli 2025 Pukul 12:04

Sugiyono, (2013), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2022. M4etode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syekh Burhanuddin Al-Zarnuji (1997). Ta'lim Al-Muta'allim: Tuntunan Etika Belajar Bagi Murid. Penerbit: Pustaka Amani.

Syekh Burhanuddin Al-Zarnuji, Ta’limul Muta’allim: Pentingnya Adab Sebelum Ilmu, Diterjemahkan Oleh Abdurrahman Azzam, Editor Yasir Amri Dan Arif Mahmudi, Cetakan Ke-14, Aqwam, 2021

Taabudillah, Hilman. 2024. Pengantar Pendiidkan Agama Islam. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia. Jambi. Hal 1

Thohari, Dkk. 2024. Studi Literatur Tentang Adab Siswa Terhadap Guru: Implikasi Psikologis, Sosial, Dan Pendidikan. Journal Of Mandalika Literature, Vol. 5, No. 4, 2025, E-Issn: 2745-5963

Downloads

Published

2025-10-19