PENGARUH SIKAP QANAAH TERHADAP PERILAKU BERSYUKUR SISWA KELAS XI-TITL PADA MATA PELAJARAN PAIBP DI SMKN 1 SUMEDANG
DOI:
https://doi.org/10.62824/pmppjg83Keywords:
qanaah, bersyukur, sikap, pendidikan agama islam, siswaAbstract
Sikap qanaah merupakan sikap merasa cukup atas apa yang dimiliki, sedangkan perilaku bersyukur merupakan pengakuan dan penerimaan terhadap nikmat yang diberikan Allah SWT yang tercermin dalam ucapan, pikiran, dan tindakan. Namun, perkembangan teknologi dan gaya hidup modern membuat sebagian siswa cenderung membandingkan diri dengan orang lain, sehingga menurunkan sikap qanaah dan rasa syukur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap qanaah terhadap perilaku bersyukur siswa kelas XI-TITL di SMKN 1 Sumedang. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan instrument angket, observasi, dan dokumentasi. Sampel penelitian berjumlah 26 siswa dari populasi 103 siswa. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap qanaah siswa berada pada kategori sangat baik dengan persentase 87,84%, dan perilaku bersyukur berada pada kategori sangat baik juga dengan persentase 85,76%. Uji pengaruh menunjukan bahwa sikap qanaah berkontribusi sebesar 12,5% terhadap perilaku bersyukur, sedangkan sisanya 87,5% dipengaruhi faktor lain. Penelitian ini menegaskan pentingnya menanamkan sikap qanaah untuk meningkatkan rasa syukur siswa dalam kehidupan sehari-hari.
References
Fabriar, S. R. (2020). Implikasi Konsep Qana’ah Hamka Terhadap Kesehatan Mental. Jurnal Dakwah dan Sosial, 3(2), 231–240.
Hamka. (2015). Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Gema Insani.
Ibnu Qayyim al-Jauziyah. (2022). Madarij al-Salikin. Jakarta: Pustaka Azzam.
Ningsih, R., & Hidayat, A. (2021). Media Sosial dan Perilaku Perbandingan Sosial Remaja. Jurnal Psikologi Islami, 7(1), 45–58.
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Quraish Shihab, M. (2002). Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati.
Rahman, F., & Yuniarti, E. (2020). Media Sosial dan Kesehatan Mental Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(2), 112–124.
Rohatul, I. (2016). Hubungan antara Bersyukur dengan Optimisme pada Mustahiq Lazis Sabilillah Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Rusdi, A. (2016). Syukur dalam Psikologi Islam dan Kontruksi Alat Ukurnya. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi, 37–45.
Seligman, M. E. P., Steen, T., Park, N., & Peterson, C. (2005). Positive Psychology Progress: Empirical Validation of Interventions. American Psychologist, 60(5), 410–421.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umary, B. (1989). Etika Islam dalam Kehidupan Modern. Bandung: Pustaka Setia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nuraini Maharani, Dian Sukmara, Moch.Hilman Taabudilah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
 
						


