Pengaruh Sikap Muruah Terhadap Perilaku Penggunaan Media Sosial Tiktok Pada Siswa Kelas XI Di SMAN 3 Sumedang

Authors

  • Siti Aisyah STAI Sebelas April Sumedang, Jawa Barat, Indonesia Author
  • Eka Abdul Hamid STAI Sebelas April Sumedang, Jawa Barat, Indonesia Author
  • Sutarti Sutarti STAI Sebelas April Sumedang, Jawa Barat, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.62824/cd95jc79

Keywords:

Sikap, Muruah;, Perilaku, Media Sosial, TikTok

Abstract

Penelitian ini mengenai pengaruh sikap muruah terhadap perilaku penggunaan media sosial TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap muruah terhadap perilaku penggunaan media sosial TikTok pada siswa kelas XI di SMAN 3 Sumedang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional atau penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Penelitian menggunakan sampel dengan jumlah responden sebanyak 43 orang. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana. Pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap muruah siswa berada pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 87%. Untuk penggunaan media sosial TikTok pada siswa termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 79%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000, sehingga 0,000 < 0,005, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sikap muruah dan perilaku penggunaan media sosial TikTok pada siswa kelas XI di SMAN 3 Sumedang. Pengaruh sikap muruah terhadap perilaku penggunaan media sosial TikTok pada siswa sebesar 28%.

References

APJII, (2024), APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Retrieved from https://apjii.or.id

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian;Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka.

Arroisi , Jarman dan Syamsul Badi’. (2022). Konsep Harga Diri: Studi Komparasi Perspektif Psikologi Modern dan Islam. Jurnal Psikologi.

F, Fikriyyah & Kurniawan, R. R. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Budaya. t.p.

F. R., Doni, & Faqih, H. (2017). Perilaku Penggunaan Media Sosial Pada Kalangan Remaja. IJSE-Indonesian Journal on Software Engineering.

Ghozali, Imam. (2013), Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Edisi 7, Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Kusyana, K., Muzfirah, S., & Haryadi, R. N. (2024). Efektivitas dan kendala penggunaan media digital dalam pengajaran bahasa. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 5(1), 1-11.

Muflihu, Muhammad Raafi Zazuli. (2024). Konsep Muru’ah (Harga Diri) Seorang Muslim Menurut Ibnu Qayyim Al Jauziyyah. (Thesis), Universitas Darussalam Gontor.

Nasution , Awal Kurnia Putra. (2020). Integrasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Generasi Z. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan.

Neng Dewi Kurnia, et al, (2018). Hubungan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dengan Kemampuan Literasi Media Di Upt Perpustakaan Itenas. Edulib.

Nurhayati Hsy, S. S. (2021). Metode Pembinaan Akhlak Menurut Ibnu Qayyim. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan.

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Rohmiyati, Yuli (2018), Analisis Penyebaran Informasi Pada Sosial Media, ANUVA.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:Alfabeta.

Thaib, Erwin Jusuf (2021). Problematika Dakwah Di Media Sosial. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri.

Downloads

Published

2025-10-17